oleh

4 Alasan Mengapa Perlu Baca Surat Al Mulk Sebelum Tidur

LINGGAUPOS.CO.ID- Surat Al Mulk turun di Makkah atau surat Makkiyah dengan jumlah ayat sebanyak 30, dan menjadi pembuka juz 29 Alquran.

Surat Al Mulk bisa menyelamatkan seseorang dari siksa kubur dan mencegahnya. Rasulullah SAW bersabda:

عن عبد الله بن مسعود -رضي الله عنه- أنّه قال: مَن قرأ تبارك الذي بيده الملك كلَّ ليلة منعَه اللهُ بها من عذاب القبر، وكنّا في عهد رسولِ الله -صلّى الله عليه وسلّم- نسمّيها المانعة؛ لِما تمنعُ عن صاحبها من شرٍّ وتنجيه من العذاب والألم في القبر ويومِ القيامة

Dalam riwayat Abdullah bin Mas’ud, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang membaca Tabarokalladzi bi yadihil mulk (Surat Al Mulk) setiap malam, maka Allah SWT akan menyelamatkannya dari siksa kubur. Kami (para Sahabat) di masa Rasulullah SAW menamakan surat tersebut ‘al Mani’ah’ (penyelamat dari siksa kubur), termasuk mencegah datangnya perbuatan jahat, menghalau siksa kubur dan siksaan di Hari Kiamat.”

Karena itu, diutamakan untuk membaca Surat Al Mulk setiap malam sebelum tidur karena di dalamnya ada banyak keutamaan. Dan berikut ini adalah empat keutamaan membaca surat Al Mulk:

1. Mencegah siksa kubur

Mencegah siksa kubur dan dan penyelamat bagi mereka yang menghafal dan membacanya pada malam sebelum tidur

2. Dijauhkan dari api neraka

Kedua, surat ini akan datang pada Hari Kiamat dan menyampaikan siapa saja para pemilik surat tersebut. Sehingga mereka akan masuk surga yang penuh kebahagiaan dan dijauhkan dari siksa api Neraka.

3. Diganjar pahala berlipat

Ketiga, dengan rajin membaca Surat Al Mulk pada tiap malam, maka mendatangkan banyak perbuatan baik dan pahala bagi orang yang membacanya. Perbuatan baik ini kemudian dilipatgandakan hingga 10 kali dan Allah SWT melipatgandakan bagi siapapun yang Dia kehendaki.

4. Syafaat di Hari Kiamat

Keempat, Surat Al Mulk akan menjadi syafaat atau penolong yang memohon ampunan bagi orang yang rajin membacanya di Hari Kiamat kelak.(*)

Sumber: republika.co.id

Rekomendasi Berita