oleh

39 APK Bakal Ditertibkan

CURUP – Setidaknya ada 39 Alat Peraga Kampanye (APK) tersebar di sejumlah titik dalam Kabupaten Rejang Lebong akan ditertibkan oleh Sat Pol PP Rejang Lebong. Dari 39 APK yang melanggar tersebut 37 diantaranya karena tidak adanya visi misi dan program kerja dan 2 APK lainnya karena dipasang di kawasan jalur hijau.

Informasi ini disampaikan anggota Bawaslu Kabupaten Rejang Lebong, Yuli Maria, saat dikonfirmasi usai melaksanakan sosialisasi terkait penertiban APK, Rabu (16/1) di Aula Bawaslu Kelurahan Dwitunggal Curup.

Dijelaskan Maria, dari 37 APK yang direkomendasikan untuk ditertibkan Sat Pol PP Rejang Lebong terkait dengan tidak adanya visi misi dan program kerja sesuai dengan PKPU No.23 tentang Kampanye Pasal 32 ayat 4.

“Kalau yang dua berada di jalur hijau memang tidak boleh dipasang APK,” kata Maria.

Maria menjelaskan sebelum penertiban terhadap APK yang direkomendasikan untuk ditertibkan, pihaknya memberikan ruang pada peserta pemilu baik Parpol maupun Caleg untuk memperbaiki APK yang dinilai melanggar.

“Penertiban dijadwalkan Sabtu (19/1) kemudian Senin dan Selasa, kita layangkan surat ke masing-masing peserta agar dengan jeda waktu yang ada mereka bisa melakukan perbaikan atau penurunan sendiri APK yang melanggar sebelum dilakukan penertiban,” tegasnya.

Dengan adanya waktu untuk penurunan APK yang melanggar sendiri dengan harapan bisa mengurangi sisi konflik.

“Mereka memasang APK menggunakan biaya, jangan sampai nanti rusak, namun kalau tidak juga diperbaiki atau diturunkan nantinya tetap akan dieksekusi,” paparnya.

Sementara itu Kasi Ops Sat Pol PP Rejang Lebong, Taslim yang juga hadir dalam kegiatan tersebut mengaku siap untuk melakukan penertiban titik-titik APK yang direkomendasikan Bawaslu yang melanggar aturan.

“Kalau kita siap, namun harapan kita sebelum dilakukan penurunan masing-masing peserta pemilu bisa menurunkan atau memperbaiki APK yang dinilai melanggar seperti tidak adanya visi misi dan lainnya,” tambah Taslim. (sam)

Rekomendasi Berita