oleh

384 Saksi Partai Demokrat Ikuti Pelatihan

384 saksi dari partai Demokrat menyanyikan mars partai Demokrat, sekaligus meneriakkan yel-yel pemenangan Ishak-Yudha saat pembukaan pelatihan saksi, di ballroom Hotel SMart, Kamus (21/6).

LINGGAU POS ONLINE, JAWA KANAN SS – Pengurus DPC Partai Demokrat Kota Lubuklinggau, adakan pembekalan dan pelatihan saksi untuk pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut 3, Ishak Mekki-Yudha. Sebanyak 384 saksi yang akan bertugas pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), 27 Juni 2018 ikuti pelatihan di ballroom Hotel SMart, Kamis (21/6).

Sekretaris DPC Partai Demokrat Kota Lubuklinggau, Taufik Siswanto Training of Trainer (TOT) atau pelatihan yang diadakan kemarin, sengaja dilaksanakan, untuk memberikan pemahaman kepada seluruh saksi Partai Demokrat mengenai tugas mereka saat hari pencoblosan. Pelatihan ini juga tentunya dilaksanakan, untuk kemenangan Partai Demokrat. Baik untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub), Pemilihan Walikota (Pilwako), Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres).

Karena menurut Wakil Ketua I DPRD Kota Lubuklinggau ini, saksi yang mengikuti pelatihan kemarin akan tetap menjadi saksi di Pileg dan Pilpres mendatang. Meskipun kedepannya ada penambahan karena ada penambahan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak lebih kurang 180 TPS.

Beberapa materi mengenai tugas saksi, disampaikan kepada seluruh saksi. Mulai dari apa tugas saksi, bagaimana mekanisme kerja mereka, bagaimana mereka melaporkan hasil rekapitulasi penghitungan suara di masing-masing TPS, lalu bagaimana ketika terindikasi adanya kecurangan serta bagaimana saksi mengisi blangko keberatan.

“Dengan pelatihan semua saksi paham dengan tugasnya. Tidak hanya sekedar datang ke TPS dan duduk, namun tidak ketika ada indikasi kecurangan,” tegasnya.

Ia pun menyampaikan pesan dari Ketua DPC Partai Demokrat Kota Lubuklinggau, Hj Yetti Oktarina. kalau saksi yang direkrut harus bersedia menjadi kader dan simpatisan Partai Demokrat. Artinya, mereka juga harus loyal dan patuh terhadap perintah partai. Salah satunya, memenangkan Paslon Walikota H SN Prana Putra Sohe dan H Sulaiman Kohar (NanSuko) dan Paslon Gubernur, Ishak Mekki-Yudha.

Ketua BP OKK DPC Partai Demokrat, Merizal juga menyampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan saksi saat menjalankan tugas. Salah satunya, hadir tepat waktu yakni sebelum apel pembukaan dan pengambilan sumpah. Serta tidak lupa menyerahkan surat mandat, ketika sampai di TPS.

“Saksi tugasnya mencatat jumlah suara, lalu mencatat jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) ketika datang ke TPS. Tidak pulang setelah pencoblosan atau saat penghitungan suara, serta harus jeli melihat surat suara yang dihitung, Apakah sah atau bisa dinyatakan tidak sah,” jelasnya. (13)

Rekomendasi Berita