oleh

374 Siswa Baru MTsN 1 Matsama

LINGGAU POS ONLINE – Sebanyak 374 siswa-siswi MTsN 1 Lubuklinggau mulai mengikuti Masa Taaruf Siswa Madrasah (Matsama) tahun ajaran 2019/2020.

Hingga hari kedua pelaksanaan, Kamis (11/7) kegiatan Matsama di MTsN 1 Lubuklinggau berlangsung lancar.

Kepala MTsN 1 Lubuklinggau, Hedi Herdiana mengatakan Matsama diadakan lebih awal agar 15 Juli 2019 mendatang, siswa baru sudah langsung fokus melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM).

“Iya, kalau Matsama dilaksanakan pekan pertama masuk sekolah, pasti aktivitas KBM akan terganggu, apalagi kegiatan Matsama ini juga melibatkan anggota OSIS dan perangkatnya,” jelasnya.

Hedi juga menjelaskan kegiatan Matsama merupakan proses penyambutan untuk pelajar baru yang berisikan berbagai rangkaian acara yang digelar oleh dewan guru dan pengurus OSIS.

Agenda tahunan ini menjadi momen yang berkesan dan dinantikan oleh seluruh peserta didik baru.

“Pelaksanaan Matsama ini kita laksanakan untuk memahami tata tertib penyelenggaraan pendidikan dan peraturan yang ditarafkan di sekolah. Kemudian, memperkenalkan program-program yang diterapkan di sekolah serta organisasi-organisasinya sehingga selama belajar di sini mereka dapat taat aturan, memiliki akhlakul karimah dan dapat meraih prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik,” jelasnya.

Mengingat betapa pentingnya pelaksanaan Matsama bagi peserta didik baru, Hedi mengimbau para peserta didik baru agar dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan baik, penuh semangat dan sungguh-sungguh. Karena, kegiatan tersebut sebagai modal awal dan pengalaman dasar untuk memasuki jenjang pendidikan sekolah menengah pertama. Serta, untuk saling mengenal sesama teman,dengan kakak kelas dan dengan guru.

Adapun jadwal pelaksanaan Matsama MTsN 1 Lubuklinggau meliputi, pengenalan lingkungan sekolah, pengenalan UKS, pengenalan tata tertib, pengenalan rohis/tahfidz, pengenalan PBB/marcing band, pengenalan sanggar pramuka, sanggar seni, perpustakaan dan pengenalan OSIS.

Hedi juga menambahkan untuk sosialisasi Bahaya Narkoba dan Lalu Lintas bersama BNN Kota Lubuklinggau dan Polres Lubuklinggau akan dilaksanakan secara umum bersama seluruh siswa tidak hanya siswa siswi baru saja.

“Untuk kegiatan Matsama ini, kamu belum mengundang pihak BNN maupun Polres. Itu akan kita lakukan saat kegiatan upacara ataupun kegiatan lainnya yang melibatkan seluruh siswa, sehingga informasi yang diberikan bisa tersampaikan kepada seluruh siswa siswinya,”imbuhnya.

Ia berharap semua siswa siswi baru nantinya benar-benar mampu menjalankan semua aturan dan tata tertib sekolah dengan baik, serta bisa menjadi siswa siswi yang membanggakan dan berakhlak mulia. (rrf)

Rekomendasi Berita