oleh

374 Orang Awasi Pelaksanaan Pilkada Lubuklinggau

“Kami meminta agar pengawas TPS memastikan pelaksanaan pemilihan dan penghitungan suara berjalan dengan baik,” kata anggota Panwascam Lubuklinggau Barat I, Dodi.

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Kemarin (3/6) Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Lubuklinggau melantik 376 pengawas TPS. Pelantikan dilakukan melalui Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kota Lubuklinggau.

Ketua Panwascam Lubuklinggau Barat I, Deni Setiawan, didampingi anggota Panwascam Barat I, Dodi dan Fikri Juliadi menjelaskan masa kerja pengawas TPS selama 30 hari. Terhitung 23 hari sebelum pelaksanaan pemilihan dan 7 hari setelah pelaksanaan pemilihan, dan pelaksanaan pemilihan akan dilakukan pada 27 Juni 2018.

Menurutnya, perekrutan dan pelantikan pengawas TPS mengacu pada Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada.

“Sebelumnya kita telah melakukan seleksi, baik administrasi maupun tes wawancara, dan 59 orang yang dilantik sudah memenuhi persyaratan dan kriteria,” katanya.

Kriteria yang dimaksud adalah sesuai dengan persyaratan yang mengacu pada UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada, yakni warga negara Indonesia, saat pendaftaran berusia paling rendah 25 tahun. Mempunyai integritas, berkepribadian yang kuat, jujur, dan adil, diutamakan yang memiliki kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu, ketatanegaraan, kepartaian dan pengawasan Pemilu. Berpendidikan paling rendah SMA atau sederajat, berdomisili di desa/kelurahan sesuai tempat Pengawasan TPS yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Dilanjutkannya, nantinya para pengawas TPS ini mempunyai kewajiban untuk mengawasi proses pemilihan dan penghitungan suara, termasuk mencegah terjadinya pelanggaran yang terjadi di wilayah masing-masing. Mulai dari money politic (Politik uang), eksodus pemilih, hingga memastikan pemilih memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan, yakni membawa blangko C6 KWK dan menunjukkan KTP atau Surat Keterangan (Suket) ke KPPS.

Terpisah, Ketua Panwascam Lubuklinggau Barat II, Rudi Candra menjelaskan Panwascam Barat II juga sudah melakukan pelantikan pengawas TPS. Panwascam Lubuklinggau Barat II, melantik 40 orang yang akan bertugas sebagai pengawas TPS.

Berdasarkan data yang dihimpun di lapangan, Panwascam Kecamatan Lubuklinggau Utara II, melantik 63 orang yang lulus seleksi pengawas TPS. Panwascam Lubuklinggau Utara I, melantik 32 orang, Panwascam Lubuklinggau Timur II, melantik 52 orang. Panwascam Lubuklinggau Selatan II, melantik 48 orang dan Panwascam Lubuklinggau Selatan I, melantik 26 orang yang lulus seleksi pengawas TPS. (01)

Rekomendasi Berita