oleh

361 Siswa Pentas Seni

LINGGAU POS ONLINE, PASAR PEMIRI – Kemarin, dalam rangka pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun 2018, 361 siswa kelas IX SMP Negeri 1 Lubuklinggau tampil unjuk kebolehan. Yakni dalam ajang pentas seni yang dilaksanakan di Lapangan SMPN 1 Lubuklinggau, Selasa (3/4).

Kegiatan yang bertema ‘Memacu Kreativitas Seni untuk Memperkuat Pendidikan dan Karakter’ ini dihadiri Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Lubuklinggau H Rudi Erwandi, Kasi Tendik Dikdas Tabrani, Kepala SMPN 1 Lubuklinggau Yani Jinawar, beserta seluruh dewan guru, staf dan siswa-siswi kelas VII, VIII dan IX SMPN 1 Lubuklinggau.

Kepada Linggau Pos, Kepala SMPN 1 Lubuklinggau Yani Jinawar mengatakan, kegiatan pentas seni ini dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan USBN ujian praktik siswa-siswi kelas IX, khusus Mata Pelajaran (Mapel) Seni dan Budaya.

“Sebenarnya jadwal ujian praktik itu pada 17-19 April, dikarenakan kita memiliki lokasi yang tidak begitu luas, jadi pelaksanaan ujian praktik 3 Mapel olahraga, muatan lokal dan Seni Budaya tidak bisa dilaksanakan secara bersamaan. Untuk itu khusus ujian praktik Seni dan Budaya kita laksanakan hari ini dengan tajuk Pentas Senin,”jelasnya.

Jadi dalam pentas seni ini, lanjut Yani, 361 siswa kelas IX dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk menampilkan kegiatan seni berupa Tari-tarian kreasi, tradisional maupun modern ataupun pertunjukkan drama.

“Nah, penampilan mereka secara kelompok ini akan dinilai oleh koordinator pentas seni yang merupakan guru Mapel Seni dan Budaya, yakni Risma Siahaan dan Rasmeliati. Dan nilai yang diperoleh mereka dalam pentas seni ini adalah sebagai nilai USBN ujian praktik mereka dalam Mapel Seni dan Budaya,” jelasnya.

Tidak hanya tampilan tari-tarian saja, siswa-siswi kelas IX juga membuka bazar dengan memamerkan produk hasil karya mereka mulai dari hasil kerajinan seni, makanan dan lainnya, yang dilakukan per kelas.

“Selain untuk memperoleh nilai ujian praktik, kegiatan ini juga untuk meningkatkan kreativitas siswa-siswi SMPN 1 Lubuklinggau dalam hal seni dan budaya. Serta untuk peningkatan mutu pendidikan dan karakter mereka ke arah yang lebih baik lagi,”paparnya.

Pada kesempatan ini, Yani merasa sangat bersyukur semua siswa-siswi kelas IX nya antusias dan semangat mengikuti pentas seni ini. Dan setiap kelompok pun menampilkan aksi seni yang bagus-bagus dan cukup memukau para penonton.

“Saya berpesan kepada semua siswa agar tidak menganggap remeh ujian praktik ini. Karena ujian praktik ini juga termasuk ke dalam ujian USBN. Jadi memiliki penilaian tersendiri bersama 11 Mapel lainnya. Jadi jika tidak lulus ujian ini, sama saja anak tidak lulus. Untuk itu diharapkan anak lulus 100 % dalam kegiatan ini dan rangkaian ujian lainnya,” harapnya. (AE02)

Rekomendasi Berita