oleh

354 Napi Narkotika Diusulkan Dapat Remisi

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Pihak Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Narkotika Lubuklinggau Kelas II A, mengusulkan 354 napi pada hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah, menerima remisi.
Usulan itu ditujukan ke Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azazi Manusia (Kakanwil) Sumatera Selatan (Sumsel). 354 napi yang diusulkan menerima remisi terdiri dari 334 napi laki-laki dan 20 napi perempuan. Tidak menutup kemungkinan jumlah napi itu akan bertambah, hingga menjelang H-1 lebaran. Selain 354 napi akan diusulkan, ada satu napi akan diumumkan bebas.

Kepala Lapas Narkotika Lubuklinggau Kelas II A, Suyatna melalui Kasi Binadik, Triana Agustin mengatakan napi yang diusulkan akan mendapat remisi berjumlah 354 orang dari jumlah napi keseluruhan 700 orang.

“Sebenarnya itu hanya data sementara, tidak menutup kemungkinan akan bertambah hingga menjelang hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah nanti,” kata Triana Agustin.

Dikatakan, Triana Agustin, pihaknya menentukan napi yang mendapatkan remisi tentu ada kriteria harus dipenuhi. Diantaranya berkelakuan baik, telah mengikuti program pembinaan yang diselenggarakan di dalam Lapas dengan baik.

Kemudian, sambung dia, telah menjalani masa pidana lebih dari enam bulan, tidak sedang menjalani hukuman disiplin dalam kurun waktu enam bulan, bersedia bekerja sama dengan penegak hukum untuk membantu membongkar perkara tindak pidana yang dilakukannya, serta tidak akan mengulangi perbuatan.

“Apabila persyaratan tersebut telah dipenuhi maka napi akan mendapatkan remisi dari pihak lapas,” ucap Nana, sapaanya.(03)

Rekomendasi Berita