oleh

343 Napi Dapat Remisi HUT RI

11 Orang Bebas

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Sedikitnya 343 Narapidana (Napi) mendapat pengurangan masa tahanan atau remisi pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73. Ada tiga bagian pemberian remisi oleh negara melalui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkuham) RI. Ketiga bagian remisi itu meliputi Remisi Umum I, Remisi Umum I Anak Pidana, dan Remisi Umum II, dengan jumlah pengurangan masa tahanan bervariasi.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Curup, Ahmad Faedhoni kepada wartawan, Rabu (15/8) mengatakan Remisi Umum I ada 322 orang. Dengan pengurangan masa tahan sebulan ada 117 orang, pengurangan hukuman dua bulan 63 orang, pengurangan tahanan tiga bulan ada 95 orang. Selanjutnya, pengurangan hukuman empat bulan 59 orang, pengurangan lima bulan hukuman ada 36 orang, dan pengurangan enam bulan hukuman 11 orang.

Kemudian Remisi Umum I Anak Pidana ada 10 orang, diantaranya dengan pengurangan sebulan hukuman satu orang, pengurangan dua bulan hukuman tiga orang, dan pengurangan tiga bulan hukuman ada enam orang. Sedangkan Remisi Umum II ada 11 orang, dan akan langsung bebas pada Jumat, 17 Agustus 2018.

“Napi yang bebas itu mendapat pengurangan satu bulan ada lima orang, tiga bulan satu orang, empat bulan tiga orang, lima bulan satu orang, dan enam bulan satu orang,” jelas Ahmad Faedhoni.

Namun, dari 11 orang Napi yang mendapatkan remisi bebas, empat diantaranya belum menyelesaikan subsider, sehingga harus menyelesaikan terlebih dahulu subsider yang didapatkannya. Ada penilaian khusus Napi yang mendapatkan remisi, seperti berperilaku baik selama menjalani tahanan dan tidak melakukan pelanggaran selama di dalam Lapas.

“Rata-rata, Napi yang mendapatkan remisi ini merupakan Napi kasus pidana umum,” tambah Ahmad Faedhoni.

Menurut Ahmad Faedhoni, dalam satu tahun ada dua kali pemberian remisi, yakni peringatan HUT RI dan hari raya. Berbeda dengan Napi anak ada tiga kali pemberian remisi, yaitu HUT RI, hari raya keagamaan sesuai dengan agama yang dianutnya dan Hari Anak Nasional (HAN).(09)

Rekomendasi Berita