oleh

340 Peserta Guru Antusias Ikuti Kegiatan RUBI

Ingin Kegiatan Berkelanjutan

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Musi Rawas, Dinas Pendidikan dan Guru Garis Depan (GGD) sukses menggelar kegiatan Ruang Berbagi Ilmu (RUBI) 18-19 November 2017. Acara yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun (HUT) PGRI ke-71 itu diikuti 340 guru dan kepala SD dan SMP, se-Kabupaten Musi Rawas.

Kegiatan yang terpusat di SMA Negeri 2 Muara Beliti tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru dalam mendidik.

Kepada Linggau Pos, Ketua PGRI Musi Rawas H Hermansyah melalui Sekretarisnya Johan Wahyudi mengungkapkan RUBI merupakan gerakan kerelawanan yang mengajak masyarakat dari berbagai latar belakang untuk terjun langsung dalam usaha peningkatan kualitas Penggerak Pendidikan di seluruh Indonesia.

Ia juga menjelaskan, RUBI telah dilaksanakan sejak 2016, dan tahun ini RUBI telah selesai dilaksanakan di Nunukan-Kalimantan Utara, Tiakur dan MBD, Maluku Barat Daya, Batu Raja-Sumatera Selatan, Pegunungan Bintang-Papua, Amanuban Timur-NTT, Alor-NTT, Hulu Sungai Selata-Kalimantan Selatan, dan terakhir, Musi Rawas-Sumatera Selatan.

“Pelatihan yang dimaksud adalah training for trainer. Diharapkan kedepannya, setelah mengikuti pelatihan ini, peserta RUBI ini dapat melanjutkan kegiatan ini di forum-forum kecil di sekolah masing-masing dan berbagi ilmu seperti yang sudah mereka para relawan sampaikan,” ujarnya.

Kegiatan RUBI ini sukses dilaksanakan dan antusias diikuti lebih dari 340 guru di Kabupaten Musi Rawas. Yang mana pada pelatihan ini diisi 24 relawan yang terbagi dari 5 relawan dokumentator, dan 19 relawan narasumber dengan biaya pribadi, dan dari daerah yang berbeda-beda.

Sementara itu, Ketua Panitia penyelenggaraan RUBI, Dra Mutia Farida juga mengungkapkan semua peserta sangat antusias mengikuti kegiatan RUBI ini, terbukti banyak peserta berharap kegiatan seperti ini dapat berkelanjutan.

“Dan Alhamdulillah, hal yang sama juga disampaikan pihak relawan yang mengatakan sangat senang bisa melaksanakan kegiatan RUBI di Kabupaten Musi Rawas. Mereka mengatakan semua peserta guru Kabupaten Musi Rawas sangat antusias dan semangat mengikuti kegiatan ini. Apalagi peserta RUBI di Kabupaten Musi Rawas adalah yang terbanyak dari kegiatan RUBI seluruh Indonesia dan dari tahun-tahun sebelumnya,” paparnya.

Dan pada akhir kegiatan, banyak para peserta menginginkan kegiatan ini berkelanjutan, apalagi untuk guru-guru yang ada di pelosok desa yang susah memperoleh ilmu seperti ini.

Materi yang disampaikan pada kegiatan RUBI ini adalah mengenai manajemen sekolah, positif disiplin, dan brain based teaching.

“Pokoknya kegiatan ini sangat bermanfaat untuk guru, dan saya berharap para guru dapat melihat apa yang telah dilakukan para adik adik relawan dari yayasan Indonesia mengajar, yang sudah mengajarkan kita untuk menjadi guru yang berkarakter dan rela berkorban. Serta anak-anak Indonesia mengajar juga mengajarkan kepada kita, bahwa guru harus ikhlas dan tulus dalam belajar, bagaimana belajar dengan cara yang menyenangkan, dan menjadi guru yang disiplin,” tutur Mutia.

Kedepannya, ia melanjutkan PGRI Musi Rawas akan terus melaksanakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru. Dan untuk menunjang program Mura Cerdas, di dalamnya kita akan adakan kelas inspirasi dan kita berharap kelas ini akan segera terwujud. Karena yang menjadi sasaran adalah para pelajar.

“Terima kasih kepada semua relawan RUBI yakni Ahmad Huzair, Andhika Prasetya wijaya, Apriliana Kurniasari, Daeff Bisri Zulkarnain, Elan Jaelani, Febby Atridya, Firlia Sandyta, immas Juliana Butar Butar, Karis Himawan, Mahayu Ismaniar, Ni Wayan Ariastini, Nur Aisyah Safitri, Rahmi Aulina, Rini Setianingsih, Rita Permatasari, Sri Utami Rustam, Tanti Sugiharti Singgih dan Septi Melia Utami. Dan para adik-adik Indonesia Mengajar atas dukungannya selama ini. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Dokumentator Erika Kurnia, Dika setiagraha, Herwinda Marta, Shinta Armeilia, dan Nova. Dan juga Pengajar Muda Indonesia Mengajar Muh. Syahrudin, Thio Dwi A. Prasetya, Cipto Troena, Lupita Maheswari, Ade Putri Verlita dan Ikerniaty A. T. Sandili.

Perlu diketahui materi yang dipilih merupakan hasil kajian PGRI Musi Rawas bersama PM Indonesia Mengajar yang sesuai dengan kebutuhan guru di Kabupaten Musi Rawas secara umum,”katanya.
Relawan Pemateri. (AE02)

Komentar

Rekomendasi Berita