oleh

339 PAUD Sudah Kantongi NPSN

MUSI RAWAS – Ada 339 PAUD di Kabupaten Musi Rawas (Mura). Seluruhnya telah mengantongi Nomor Induk Satuan Pendidikan (NPSN). PAUD-PAUD ini tersebar di 199 desa dan kelurahan di kabupaten yang dipimpin H Hendra Gunawan ini.

“2017 lalu banyak yang belum punya NPSN. Lalu kami dorong untuk mendaftar ke Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini, Non Formal dan Informal (Paudni) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), karena Disdik tak punya kewenangan untuk mengeluarkan itu,” terang Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mura, melalui Kabid PNF dan PAUD Bukhori, Selasa (18/12).

Dia menjelaskan, Disdik Mura hanya mengikuti kebijakan pemerintah pusat terkait penanganan PAUD, terutama pemberlakuan kebijakan NPSN.

Bagaimanapun, sesuai petunjuk pemerintah, seluruh PAUD wajib punya NPSN, karena data itu jadi acuan bagi pemerintah dalam pengusulan anggaran bantuan.

“Ini wajib dimiliki, karena berpengaruh pada bantuan kelembagaan dari pemerintah. Jika PAUD atau KB tak mengantongi NPSN, maka sulit mendapatkan kucuran dana dari pemerintah pusat,” tegasnya.

Kewajiban memiliki NPSN memang jadi hal penting, karena sejak 2016 PAUD dan KB bisa mendapat bantuan operasional dari pemerintah pusat dalam bentuk Dana Alokasi Khusus Bantuan Operasional Pendidikan (DAK BOP) PAUD.
Jadi, kata dia, setiap anak didik berusia 4 sampai 6 tahun akan mendapat bantuan operasional sebesar Rp600 ribu per tahun.

“Tapi syaratnya, lembaga yang menaungi anak didik itu harus ber-NPSN,” jelasnya.

Adapun untuk mendapatkan NPSN tak terlalu sulit. Lembaga itu harus memiliki izin operasional. Sedangkan untuk mendapatkan izin operasional, lembaga itu harus punya lahan yang mencukupi, struktur organisasi yang jelas, terdaftar dalam akta notaris dan memiliki tenaga pendidik.(lik)

Rekomendasi Berita