oleh

323 Jemaah Calon Haji Siap Berangkat

LINGGAU POS ONLINE, PETANANG – 323 orang Jemaah Calon Haji (JCH) Kota Lubuklinggau dinyatakan siap berangkat. Semua JCH sudah memenuhi syarat, dan menjalankan tahapan yang ditetapkan Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Lubuklinggau.

Kasi Haji dan Umrah Kemenag Kota Lubuklinggau, H Hasbi Saidina Ali kepada wartawan Linggau Pos, Senin (28/5) mengaku keberangkatan haji tahun 2018 diperkirakan minggu pertama Agustus 2018. Tahapan yang sudah dijalankan JCH Kota Lubuklinggau seperti manasik haji, suntik meningitis, pembuatan paspor, senam sehat, dan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 2018. BPIH Tahun 2018 ditetapkan Rp. 33 juta naik 5 % atau Rp 1.600.000, dibandingkan tahun 2017 Rp 31.400.000.

Diakui Hasbi Saidina Ali, kuota JCH Kota Lubuklinggau 2018 naik, dibandingkan 2017 yang hanya 220 orang.

“232 terdiri dari 225 JCH reguler, tujuh jemaah lainnya, terdiri dari jemaah lanjut usia, penggabungan muhrim, dan mutasi,” jelas pria yang juga menjabat Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Muhammadiyah Kota Lubuklinggau ini.

Dari 323 orang JCH Kota Lubuklinggau, 16 orang diantaranya masuk dalam kategori Risiko Tinggi (Risti) atau mengidap penyakit tertentu. Seperti, jantung, darah tinggi, dan asam urat.

Antisipasi sudah dilakukan oleh Kemenag Kota Lubuklinggau, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Lubuklinggau dengan mengadakan senam setiap Sabtu.

“Sebagian JCH tahun 2018 memang banyak yang sudah lansia,” ungkap Hasbi Saidina Ali.

Salah seorang JCH Kota Lubuklinggau, Rusmi (56) mengatakan senam kesehatan tidak dijalankan lagi karena puasa. Namun program ini sangat membantu jemaah untuk melatih pernapasan.

Saat ini tidak ada kegiatan lagi yang dijalankan JCH, tinggal menunggu jadwal keberangkatan dari Kemenag Kota Lubuklinggau.

“Daftarnya enam tahun lalu, baru masuk daftar berangkat tahun ini,” kata Rusmi.(07)

Rekomendasi Berita