oleh

313 Personel TNI Siaga

SEMENTARA itu, Dandim 0405/Lahat, Letkol (Kav) Sungudi menjelaskan, penempatan pasukan TNI di Kabupaten Empat Lawang, di Bawah Kendali Operasi (BKO) Kodim 0405/Lahat dan Polda Sumsel. Ada total 313 personel TNI BKO Polda Sumsel dan tiga peleton personel BKO Kodim 0405/Lahat untuk pengamanan jalannya Pilkada serentak di Kabupaten Empat Lawang.

“Ada tiga peleton personel BKO Kodim, dua peleton dari Zipur dan satu peleton dari Kaveleri. Untuk yang BKO ke Polda, ada 313 orang, seperti yang dijelaskan Kapolres Empat Lawang tadi. Jadi beda, ada yang BKO ke Kodim dan ada yang BKO ke Polda,” jelas Sungudi.

Dikatakannya, personel TNI yang di-BKO-kan ke pihaknya ditempatkan di Kabupaten Empat Lawang, langsung di bawah kendali dirinya selaku Kodim 0405/Lahat dan bersinergi dengan Danramil masing-masing wilayah.

“Nanti personel BKO ini diperbantukan mengamankan jalannya pemungutan suara di TPS-TPS maupun PPS-PPS di Kabupaten Empat Lawang,” urainya.

Jika personel TNI yang di-BKO-kan ke Polda Sumsel mengamankan jalannya Pilkada Empat Lawang sampai tahapannya selesai, menurut Sungudi, demikian juga personel TNI yang di-BKO-kan ke Kodim 0405/Lahat juga akan ditarik jika situasi dan kondisi sudah kondusif pasca Pilkada di Empat Lawang.

“Jadi, personel BKO TNI akan ditarik jika melihat kondisi wilayah dinyatakan aman. Tidak ada batas waktu, sampai wilayah benar-benar kondusif dan aman itu baru dinyatakan selesai,” ujarnya.

Saat disinggung pengamanan pilkada di Kabupaten Lahat dan Kota Pagaralam yang juga merupakan wilayah Komando Kodim 0405/Lahat, Sungudi menegaskan juga menjadi perhatian pihaknya.

“Kota Pagaralam sudah kita tempatkan sebanyak satu kompi anggota TNI kemarin untuk mengamankan jalannya Pilkada di sana, karena memang wilayahnya tidak terlalu luas. Untuk Kabupaten Lahat, juga tetap menjadi fokus pengamanan kita. Alhamdulillah di sana (Lahat, red) cukup kondusif,” katanya. (10)

Rekomendasi Berita