oleh

31 Desember 2018 Tidak Rekam KTP-El Diblokir

MUSI RAWAS – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Musi Rawas (Mura), akan memblokirkan data KTP elektronik (KTP-El) bagi yang belum rekaman sampai 31 Desember 2018 nanti.

Peraturan itu, sesuai ketegasan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang akan mengambil tindakan tegas kepada penduduk dewasa, dengan usia di atas 23 tahun yang belum juga melakukan perekaman.

Kepala Disdukcapil Mura, Y Mori melalui Sekretaris, Tanang menjelaskan jika umurnya sudah seharusnya punya KTP tapi belum melakukan perekaman, maka datanya akan dinonaktifkan.

Intinya, semua administrasi yang memakai KTP-El akan diblokir. Data akan aktif kembali jika penduduk bersangkutan melakukan perekaman. Jadi, akibat pemblokiran data, warga tidak dapat melakukan administrasi kependudukan. Seperti mengurus kredit bank, membuka rekening, mendaftar BPJS, membuat SKCK, dan lainnya.

Adapun upayanya, Disdukcapil bekerja sama dengan Desa/Kelurahan untuk melakukan upaya jemput bola, ke rumah warga yang tidak bisa datang ke kecamatan maupun kantor Disdukcapil.

“Kita imbauan kepada masyarakat, tentang perubahan status, alamat dan lainnya diharapkan masyarakat cepat mengurus,” kata Tanang kepada koran ini, Selasa (25/12).

Diketahui, saat ini 266.803 jiwa sudah melakukan rekaman KTP-El di Disdukcapil Mura. Namun, masih banyak juga yang belum melakukan perekaman terutama daerah yang jauh di pusat kota. (dlt)

Rekomendasi Berita