oleh

307 Peserta Seleksi Panwascam Diwawancara

LINGGAU POS ONLINE- Bawaslu Kabupaten Musi Rawas (Mura) laksanakan tes wawancara terhadap para pendaftar Panwascam berjumlah 307 orang. Tes wawancara dilakukan pada 14 Desember 2019 hingga 16 Desember 2019 di Hotel Burza, Kota Lubuklinggau.

Ketua Bawaslu Kabupaten Mura, Oktoreni Sandhara Kirana menjelaskan pada tes wawancara ini pihaknya fokus pada integritas, dan pengetahuan tentang kepemiluan dari peserta seleksi. Sebab, pihaknya tidak mau ada penyelenggara Pemilu yang tidak tahu tentang tugas pokok dan fungsinya, sebagai penyelenggara Pemilu.

“Kita ingin, pelaksanaan Pilkada 2020 mendatang berjalan dengan baik. Bagaimana bisa berjalan dengan baik, bila ada penyelenggara Pemilu yang tidak berintegritas atau tidak paham dengan tugas pokok dan fungsinya,” jelas Oktoreni Sandhara Kirana.

Namun, pihaknya meyakini semua yang mendaftar ini merupakan orang-orang yang berintegritas dan sudah paham dengan tugas dan fungsi dari penyelenggara Pemilu. Sebab, tidak mungkin mereka mendaftar bila belum mengetahui itu. Hanya saja, dalam sesi wawancara pihaknya mendalami sejauh mana pengetahuan dari para pendaftar, dan etos kerjanya. Sebab, jadi penyelenggara Pemilu tidak memiliki jam kerja seperti pengawai kantoran.

Terkait integritas, pihaknya meminta saran dan masukan dari masyarakat terhadap para peserta seleksi yang tengah mengikuti seleksi wawancara. Sebab, pihaknya tidak mau ada Panwascam yang dilantik nanti, tidak berintegritas atau tidak memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan. Salah satu syarat mutlak yang tidak boleh ada pada diri penyelenggara Pemilu adalah keterlibatan dalam kepengurusan Partai Politik (Parpol).

“Saran dan masukan dari masyarakat sangat kita butuhkan, agar penyelenggara Pemilu yang dilantik nanti pas dan bisa melaksanakan tugas dengan baik,” ujarnya.

Berdasarkan data yang dihimpun di lapangan, rata-rata yang ikut dalam seleksi Panwascam, merupakan mantan penyelenggara pemilu mulai dari Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS), Pengatas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pengawas Lapangan (PPL). Hingga mantan Panwascam atau Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Laporan Aan Sangkutiar

Rekomendasi Berita