oleh

30 Kali Kebakaran

LINGGAU POS ONLINE, MONENG SEPATI – Januari hingga 15 Agustus 2018, terjadi 30 peristiwa kebakaran baik lahan maupun bangunan di Kota Lubuklinggau. Jumlah kejadian kebakaran ini menurun jika dibandingkan 2017 mencapai 37 peristiwa kebakaran, yang didominasi kebakaran lahan kosong.

Berdasarkan data Badan Penanggulang Bencana Daerah (BPBD) Kota Lubuklinggau, 2018 sudah ada lima peristiwa kebakaran yang menghanguskan pemukiman penduduk. Sedangkan 25 peristiwa kebakaran lainnya, terjadi di lahan kosong. Kebakaran di pemukiman penduduk 90 persen disebabkan korsleting listrik, sedangkan lahan kosong disebabkan kelalaian manusia, salah satunya membuang puntung rokok sembarangan.

“Lebih kurang ada 10 rumah yang terbakar, dalam lima kejadian kebakaran. Kemudian puluhan hektare (Ha) lahan, yang terbakar akibat kelalaian manusia pada musim kemarau 2018 ini,” kata Kgs Effendi Feri, Kepala BPBD Kota Lubuklinggau, Rabu (15/8).

Menurut Feri sapaan akrab Plt Asisten I Setda Kota Lubuklinggau ini, salah satu penyebab korsleting listrik karena pemasangan kabel yang semrawut. Selain itu, sebaiknya setiap rumah menyediakan Alat Pemadaman Api Ringan (APAR).

Untuk diketahui, sedikitnya ada empat kecamatan yang kerap terjadi kebakaran baik gedung maupun lahan kosong. Empat kecamatan yang dimaksud, yakni Kecamatan Lubuklinggau Timur I, Kecamatan Lubuklinggau Timur II, Kecamatan Lubuklinggau Barat I, dan Kecamatan Lubuklinggau Barat II.

Upaya pencegahan yang dilakukan BPBD Kota Lubuklinggau hanya mengandalkan sosialisasi, khususnya lewat media sosial. Selain itu menempatkan personel Pemadam Kebakaran (Damkar) di empat pos BPBD dalam Kota Lubuklinggau.

Penanggulangan bahaya kebakaran Kecamatan Lubuklinggau Selatan I dan II, pos BPBD Kota Lubuklinggau berada di Jalan Sukirno, Kelurahan Air Kuti, tepatnya di belakang Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Lubuklinggau. Kecamatan Lubuklinggau Timur I dan II, pos BPBD Kota Lubuklinggau ada di komplek eks Kompi 144 Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Air Kuti.

Selanjutnya, Kecamatan Lubuklinggau Barat I dan II, di komplek perkantoran Walikota Lubuklinggau, Jalan Garuda, Kelurahan Kayu Ara. Sedangkan Kecamatan Lubuklinggau Utara I dan II, pos BPBD Kota Lubuklinggau ada di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Satelit, masing-masing pos ada 40 personel tenaga kontrak, dan dua unit mobil Damkar dengan kapasitas 5.000 liter air.(07)

Rekomendasi Berita