oleh

3 Kecamatan Sasaran Program PRTLH

CURUP – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Rejang Lebong akan merehab 372 unit rumah dalam program Peningkatan Rumah Tidak Layak Huni (PRTLH). Informasi ini disampaikan oleh Kepala Bidang Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Wilujeng Stiwahyuni, Sabtu (12/1).

Dijelaskan Wilujeng, dari 327 sasaran rumah untuk program tahun 2019 ini masih dalam tahap persiapan.

“Untuk program ini kita bertahap, untuk tahun ini ada 3 kecamatan sasaran rehab rumah tidak layak huni, yakni Kecamatan Curup Selatan ada 26 rumah, kemudian Curup Timur sebanyak 45 rumah dan Kecamatan Sindang Dataran sebanyak 157 rumah,” jelasnya.

Program rehab rumah ini, mendapat bantuan sesuai dengan tingkat kerusakan rumah yang perlu mendapatkan bantuan perehaban. Ada rumah yang rusak berat, rusak sedang dan rusak ringan.

“Bantuan kita berikan berbentuk uang dengan mentransfer langsung pada penerima bantuan, besaranyapun berbeda-beda, untuk rusak berat mendapatkan bantuan Rp15 juta, rusak sedang Rp10 juta dan rusak ringan sebanyak Rp7,5 juta,” paparnya.

Bantuan yang diberikan pada penerima sasaran, jelas Wilujeng bertujuan untuk pembelian material yang dibutuhkan untuk rehab rumah yang bersangkutan.

“Bantuan ini sifatnya untuk membeli material yang dibutuhkan dan melakukan rehab rumah,” jelas Wilujeng.

Sementara itu, untuk tahun 2018 lalu, program rehab rumah tidak layak huni menargetkan 371 rumah mendapatkan program ini. Hanya saja ada 11 penerima yang mengundurkan diri dan meninggal.

“Kalau 2018 target kita 271 namun yang terealisasi 360, ada 11 penerima yang tidak terealisasi karena mengundurkan diri dan ada yang meninggal,” tambahnya.

Dari 11 penerima yang mengundurkan diri dan meninggal tersebut sambung Wilujeng tidak bisa digantikan lantaran yang bersangkutan mengundurkan diri dan meninggal pada akhir pelaksanaan.

“Jadi tidak terkejar lagi untuk mencari gantinya,” tambahnya.

Anggaran untuk program rehab rumah sendiri, tambah Wilujeng pada tahun 2018 bersumber dari dana DAK dengan anggaran sekitar Rp3 miliar lebih. Sasaran rehab rumah 2018 yakni menyasar rumah di kawasan Kecamatan Curup Utara dan Kecamatan Curup Selatan.

Sementara untuk tahun 2019 ini selain dari dana DAK juga didanai APBD.

“Untuk 2019 dari DAK sekitar Rp2,9 miliar dan APBD Rp2,7 miliar,” tutupnya. (sam)

Rekomendasi Berita