oleh

3.757 Warga Luar Daerah Datang ke Mura

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – Kabupaten Musi Rawas (Mura) menjadi tujuan paling banyak bagi warga pendatang. Tercatat sepanjang 2017 ada 3.757 warga yang masuk ke Musi Rawas.

Kecamatan Muara Lakitan menjadi salah satu kecamatan tujuan paling banyak warga pendatang di Kabupaten Musi Rawas.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Musi Rawas, Y Mory melalui Kabid Pendaftaran Penduduk, Darwin bahwa Kecamatan Muara Lakitan menjadi tujuan bagi warga pendatang karena banyaknya perusahaan yang berada di sana.

Bahkan, sepanjang 2017, lanjut Darwin ada 523 warga yang menetap di Muara Lakitan, di mana warga tersebut secara rinci berasal dari kabupaten/kota ataupun provinsi lain.

“Rata-rata yang pindah ke sana itu karena pekerjaan, kalau dari antar kabupaten/kota ada 273 orang sedangkan antar provinsi ada 250 orang,” tuturnya.

Selain, Kecamatan Muara Lakitan, Kecamatan Tugumulyo juga menjadi salah satu daerah yang banyak didatangi oleh warga asing. Dimana sampai sekarang ada 441 warga antar kabupaten/kota dan 166 warga dari antar provinsi.

“Nah, untuk di Tugumulyo, ini karena ekonominya mengalami kemajuan yang pesan, makanya banyak yang pindah ke sana,” imbuhnya.

Sementara untuk kecamatan yang paling rendah warga pendatangnya yakni di Kecamatan Purwodadi di mana hanya ada 65 warga.

“Secara rinci tahun 2017 ada 3.757 jiwa, yang berasal dari kabupaten/kota sebanyak 2.109 jiwa sedangkan antar provinsi sebanyak 1.648 jiwa warga pendatang,” ungkapnya.

Meski banyak warga pendatang, namun Darwin menegaskan kalau warga yang pindah ke luar daerah juga tidak sedikit, bahkan tercatat ada 857 jiwa di Muara Lakitan, warga yang pindah,” akunya.

Data ini, bisa dimiliki oleh Disdukcapil karena setiap warga yang datang harus melapor ke Disdukcapil Musi Rawas akan memberikan Surat Keputusan Datang WNI (SKDWNI).

“Karena sekarang sudah dilakukan secara online, maka yang terpenting itu sistem penomorannya, karena semua data baik itu kedatangan maupun kepindahan sudah online semua,” tutupnya. (12)

Komentar

Rekomendasi Berita