oleh

23 JCH Belum Lunasi BPIH

LINGGAU POS ONLINE, WATERVANG – 23 Jemaah Calon Haji (JCH) Kota Lubuklinggau masih belum lunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH). Deadline pelunasan, Jumat (25/5), jika masih belum melunasi dianggap mengundurkan diri.

BIPH Tahun 2018 ditetapkan lebih kurang Rp 33 juta, dengan dua gelombang pelunasan. Gelombang pertama, sejak 16 April – 5 Mei 2018 untuk 255 orang JCH reguler. Gelombang kedua sejak 16-25 Mei 2018, untuk JCH reguler belum melakukan pelunasan, JCH tambahan baik Lanjut Usia (Lansia), penyatuan muhrim, dan mutasi.

Kasi Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Lubuklinggau, H Hasbi Saidina Ali kepada wartawan, Senin (21/5) mengatakan kuota tahun ini 232 naik dibandingkan tahun 2017 hanya 220 JCH.

“Hingga saat ini sisa 10 % atau 23 orang JCH lagi yang belum melakukan pelunasan, kita tunggu hingga 25 Mei 2018. Jika masih belum melunasi kita anggap mundur,” tegas Hasbi Saidina Ali.

Ditambahkan Hasbi, sebelum tahap pelunasan ada seorang JCH meninggal dan sudah diganti dengan waiting list di bawahnya. JCH tahun 2018 masih banyak yang masuk dalam kategori risiko tinggi oleh tim Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Lubuklinggau.

Hal ini disebabkan beberapa hal, salah satunya usia lanjut. “Berbagai penyakit, ada yang darah tinggi, asam urat, jantung. Sambil menunggu jadwal keberangkatan semua JCH sudah mengikuti senam sehat, mereka juga kerap kita himbau untuk menjaga kesehatan,” ungkap Hasbi Saidina Ali.(07)

Rekomendasi Berita