oleh

22 Relawan Motivasi Anak Mukti Karya

LINGGAU POS ONLINE, MUARA LAKITAN – Pengajar Muda XVI kembali melaksanakan kegiatan belajar dan bermain bertajuk Ngajo Lan Bejejelon (Ngelong). Acara yang diadakan 22-23 September 2018 itu diadakan bersama murid SDN Mukti Karya, Desa Mukti Karya, Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Musi Rawas (Mura).

Ada 22 relawan pemuda yang ikut serta dalam program yang digagas Pengajar Muda XVI Mura (Akbar, Alief, Gita, Resi, Siti Rodiah, Ikbal) itu.

Menurut Alief, ada hal menarik pada edisi Ngelong kali ini. Selain anak-anak dari SDN Mukti Karya juga ada beberapa anak dari SD lain yang diajak oleh Pengajar Muda dari desa penempatannya masing-masing. Mereka adalah Reno Saputra dan Muhammad Farel dari SDN Panglero, Rio Febriansyah dan Sanjaya dari SDN Kembang Tanjung, serta Bani Khotimah dari SDN Sri Pengantin.

Bani, murid dari SDN Sri Pengantin mengaku sangat senang mengikuti Ngelong. Ia mendapatkan pengalaman baru memasuki kawasan Hutan Tanam Industri (HTI) yang sebelumnya belum pernah ditemui. Kebahagiaan itu bertambah karena mereka bertemu teman-teman baru.

Akbar menambahkan, kegiatan Ngelong ini bertujuan untuk menstimulasi para siswa untuk lebih giat belajar dan juga membuka cakrawala mereka tentang ilmu pengetahuan di luar sana.

Para anak-anak dan warga Desa Mukti Karya diajak nonton film, silaturahmi desa, dan belajar sambil bermain.

Anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan Ngelong. Terbukti dari wajah ceria yang mereka tunjukkan selama kegiatan.

Akbar dan tim Pengajar Muda XVI Mura berkeyakinan, dengan adanya kegiatan ini selain semangat siswa yang meningkat, dengan adanya partisipasi dari relawan, dapat pula memicu semua pihak untuk terlibat dalam kemajuan pendidikan di Mura.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mura, Irwan Evendi didampingi Kabid Dikdas Hartoyo mengapresiasi program Ngelong yang diadakan Pengajar Muda Mura.

“Kehadiran mereka bisa memberikan warna baru dan semangat baru bagi anak-anak di pedesaan, khususnya wilayah terpencil. Dengan adanya pengajar muda dan para relawan, anak-anak Mura akan termotivasi untuk terus belajar. Semoga kelak, anak-anak ini bisa mengikuti jejak para Pengajar Muda yang berada di wilayah penempatan Mura,” harap Irwan.(lik)

Rekomendasi Berita