oleh

2021, Pengerjaan Gardu Induk PLN Dilanjutkan

LINGGAUPOS.CO.ID – Pengerjaan Gardu Induk (GI) PLN Kabupaten Empat Lawang masih menjadi persoalan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang. Pasalnya upaya PT PLN untuk mengaktifkan GI tertunda karena ada pemangkasan anggaran, karena Covid-19.

Sekedar mengingatkan, tahun lalu pihak PLN bertemu dengan Bupati Empat Lawang. Saat itu, PT PLN menjanjikan, Agustus 2020 tepatnya dihari kermedekaan Republik Indonesia, GI sudah beroprasi dan Empat Lawang terang benderang, ikut merdeka.

“Persoalan dikita saat ini, listriknya sering hidup mati, terutama di Kecamatan Tebing Tinggi, yang seharusnya sudah terselesaikan pada 2020, kalau bukan karena Covid-19. Karena GM PT PLN Sumatera Selatan sudah datang menemui saya, dan menjanjikan Agustus 2020 gardu Induk telah beroprasi,” kata Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad, Selasa (2/3/2021).

Dijelaskan Joncik, pembebasan lahan sudah lama diselesaikan oleh pihaknya ketika ia delapan bulan menjadi Bupati.

“Persoalan lama soal pembebasan lahan sudah mangkrak selama 9 tahun, dari 123 tapak PLN hanya 6 yang baru terselesaikan, nah sejak saya menjabat, saya perintahkan Pak Suan Amri yang pada saat itu Camat Tebing Tinggi, kami beri tugas untuk menyelesaikan persoalan tersebut, kalau selesai akan kami promosikan ke Esselon II. Alhamdulillah hanya delapan bulan saja persoalan pembebasan lahan sudah terselesaikan,” jelas Joncik.

Dituturkannya, untuk pengerjaan GI pada 2021 sudah mulai kembali, yang sebelumnya tertunda karena pemangkasan anggaran.

“Penyelesaian Gardu induk yang menggunakan anggaran APBN tersebut tertunda, karena pembiayaan penyelesaian gardu induk dipangkas dan harus di nolkan tersebut. Tapi tahun 2021 sudah mulai kembali pengerjaannya, dan Inshaa Allah di Akhir 2021 ini sudah terselesaikan.” tegasnya.(*)

Rekomendasi Berita