oleh

2019 Kembali Pelatihan Keterampilan

EMPAT LAWANG – Setelah sukses menggelar pelatihan wirausaha kelapa terpadu. 2019 nanti, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Mandiri (UKM) Empat Lawang akan kembali menggelar pelatihan keterampilan. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Empat Lawang Kuswinarto, Rabu (26/12).

Menurut Winarto, pelatihan yang sudah dilaksanakan akan ditindaklanjuti, peserta pelatihan kelapa terpadu yang sudah memiliki keterampilan luar biasa itu wajib membentuk kelompok tenaga kerja mandiri, dengan jumlah sesuai kemampuan daerah.

Nantinya tetap akan diusulkan ke Kementerian Koperasi dan UKM. Untuk mendapatkan pembinaan lebih lanjut, sesuai perintah Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad agar pelatihan yang sudah digelar membuahkan hasil yang baik juga.

Namun demikian, kata Winarto tindak lanjut ini juga harus kerja sama organisasi perangkat daerah di Kabupaten Empat Lawang yang lain, tidak bisa dilaksanakan sendiri oleh Dinas Koperasi dan UKM ini sendirian.

“Kalau lebih cenderung mandiri, usaha pribadi sendiri lebih bagus,” ujar Win.

Winarto menjelaskan pelatihan wirausaha tadi cukup berhasil, para peserta mempunyai semangat tinggi untuk bisa kuasai itu, jadi kedepan fokus jangan mudah terhasut, fokus pada peningkatan kemampuan keterampilan.

Misalnya mengenai alat pelatihan yang banyak ditanya peserta, ini memang aset Pemkab Empat Lawang dan tidak bisa dikeluarkan bukan kewajiban peserta untuk memilikinya. Saat di tempat latihan dalam rangka memperdalam ilmu bisa saja digunakan. Namun akan disiapkan tempatnya terlebih dahulu.

“Pokoknya melalui pendamping mereka tetap dilakukan pembinaan,”tambahnya.

Tentang program ke depan, kata Winarto sesuai komitmen sudah diusulkan pada APBD 2019, yakni pelatihan keterampilan lagi. Apakah bahan kayu atau bambu, tergantung nanti.

“Begitu juga wilayah,  diambil kecamatan mana yang dominasi sumber daya alam serta potensi bahan pelatihan baik kayu atau bambu yang dimaksud,” jelasnya. (cw2)

Rekomendasi Berita