oleh

2018 UMK Mura Naik Menjadi Rp 2,7 Juta

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Dipastikan Upah Minimum Kabupaten (UMK) sebesar Rp 2.725.800 tahun 2018 mendatang.

Kepastian ini diberikan langsung oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Musi Rawas, H Burlian melalui Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Industrial, Saker dan Dansos, Asron Arfinsie.

Kepada Linggau Pos, Selasa (19/12), Asron sapaan akrabnya mengatakan, kalau UMK tersebut paling tinggi jika dibandingkan kabupaten/kota lain di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ini.

“Sudah ditetapkan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, bahwa tahun 2018 ini melalui Surat Keputusan (SK) N.769/KPTS/Disnakertrans/2017 tentang upah minimum kabupaten (UMK) Kabupaten Musi Rawas Tahun 2018, di mana UMK tersebut, jika dihitung per harinya, maka buruh yang bekerja digaji sebesar Rp 109.032,” jelasnya.

Kemudian, menurut Asron, UMK yang ditetapkan tersebut, mengalami kenaikan. Pada tahun 2017 ditetapkan UMK sebesar Rp 2.574.000, artinya selisih UMK di tahun 2018 mendatang sebesar Rp 218.400 atau 8,71%.

“Realisasinya mulai 2018 mendatang, per 1 Januari. Artinya dalam waktu dekat, kita akan mengirimkan surat edaran ke 170 perusahaan yang ada di Kabupaten Musi Rawas ini,” tegasnya.

Mantan Kabid Data Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana ini menegaskan, kalau perusahaan tidak menerapkan sesuai dengan aturan yang berlaku, maka akan dikenakan sanksi administrasi seperti peringatan, teguran hingga pembekuan operasional perusahaan.

“Kalau nantinya peraturan ini tidak diterapkan oleh perusahaan, maka sanksi terberatnya adalah pembekuan operasional perusahaan. Namun, sebelum itu dilakukan, terlebih dahulu kita berkoordinasi dengan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Karena DPMPTSP yang mengeluarkan izin perusahaannya,” ungkapnya.

Karena memang, dasar kenaikan UMK Tahun 2018 ini yaitu merujuk dengan kenaikan inflasi nasional dan kenaikan Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 8,71%. Maka dari itu, sesuai dengan surat edaran Kementerian Tenaga Kerja Nomor B.337/M.Naker/PHIJSK-UPAH/X/2017. Maka, dilakukan kenaikan UMK.

“Kita berharap dengan adanya kenaikan UMP ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Musi Rawas,”tutupnya. (12)

Komentar

Rekomendasi Berita