oleh

2018 Seluruh Kasek Kantongi NUKS

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – Mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No. 28 Tahun 2010 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah, setiap kepala sekolah wajib mengantongi Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS).

“Namun realisasinya memang belum maksimal. Bukan hanya di Musi Rawas. Di daerah lain juga begitu. Sehingga, sejak Mei 2017 Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas bekerja sama dengan  Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Solo. Dengan harapan bisa secara rutin menyelenggarakan Diklat calon kepala sekolah (Cakep),” tutur Sukamto, Selasa (7/11).

Tahun 2018 nanti, kata Sukamto, disesuaikan dengan kemampuan daerah, 40-80 guru yang akan direkomendasikan ikut Diklat Cakep. Sebab, ia menargetkan akhir  2018 seluruh kepala sekolah sudah mengantongi NUKS.

“Untuk tahun 2017 ini, ada 22 guru yang mengikuti Cakep di Provinsi Sumsel dengan dibiayai APBN, 30 orang menggunakan APBD. Kami juga menawarkan yang mau ikut Diklat swadana. Terutama bagi sekolah yang siswanya dibawah 100 orang,” jelasnya.

Hanya saja, Sukamto berharap tahun depan 310 Kepala SD dan 54 Kepala SMP negeri khususnya telah mengantongi NUKS.

“NUKS ini penting. Sebab kalau kepala sekolahnya tidak punya NUKS,
dikhawatirkan menghambat penyaluran bantuan dari pemerintah untuk sekolah tersebut. Baik dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) maupun Dana Alokasi Khusus (DAK),” terangnya.

Pengamat Pendidikan Prof DR Jalaluddin  mengapresiasi apa yang dilakukan Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas.

“Menurutnya, dengan terus diperbaruinya aturan penyelenggaraan pendidikan, insan pendidikan diharapkan bisa mematuhi dan memenuhi apa yang dipersyaratkan aturan maupun perundangan. Termasuk kepala sekolah wajib mengantongi NUKS. Ini penting, karena berkenaan dengan masa depan lembaga,” jelasnya.

Ia juga berharap, kepemilikan NUKS bisa mencerminkan sisi leadership seorang guru. Sebab proses mencapai NUKS tidaklah mudah. Maka sekalipun belum mendapat amanah sebagai kepala sekolah, guru yang mengantongi NUKS memiliki pola pikir yang lebih bijak.

“Sebab ini kan kader pemimpin. Artinya bisa menyikapi segala sesuatu layaknya seorang leader,” pesannya.(05)

Komentar

Rekomendasi Berita