oleh

2 Maret, Lomba Kolase Moms & Kids

LUBUKLINGGAU – Memeriahkan HUT Linggau Pos ke-18, bakal diadakan Lomba Kolase Tingkat Anak PAUD/TK/RA se-Kota Lubuklinggau.

Lomba yang bertajuk Moms & Kids bakal terpusat Lantai Atrium Lippo Plaza Lubuklinggau itu diadakan 2 Maret 2019.

Ketua Pelaksana, Qori Musdalifah menjelaskan teknik lomba ini akan berbeda dari dua tahun sebelumnya, yang dikhususkan untuk anak TK/PAUD/RA se-Kota Lubuklinggau.

“Jika lomba-lomba sebelumnya, anak-anak lomba sendirian, dan ibunya hanya menyemangati dari jauh. Berbeda dengan lomba kolase tahun ini, ibu juga diwajibkan berpartisipasi dalam perlombaan kolase ini. Jadi ibu dan anak bisa bersama sama berkolaborasi dalam menciptakan karya kolase yang indah,” jelasnya.

Qori juga menjelaskan, untuk ikut serta dalam lomba ini, peserta cukup membayar Rp 25.000 per pasangan ibu dan anak.

“Mulai awal 1 Februari 2018 lalu sudah bisa daftar. Untuk layanan pendaftarannya bisa ke Graha Pena Linggau. Atau hubungi Qori Musdhalifah (081367070478) atau Sulis (082186201099). Kita siap jemput bola,” jelas Qori.

Mengenai kolase, perlu dijelaskan bahwa ini adalah seni menempel potong-potongan kecil dari kertas (biasanya kertas warna) atau apa saja yang bisa ditempel seperti kancing atau yang lainnya, ke suatu bidang yang sudah ada pola gambarnya ataupun ke suatu bidang bentuk seperti vas bunga atau lainnya.

“Kegiatan ini sudah jadi agenda rutin dilakukan di PAUD-PAUD. Nah, setiap PAUD boleh mengutus lebih dari 10 pasang anak dan orang tuanya. Karena lomba ini sangat menarik. Disamping itu, juga peluang untuk mengasah motorik halus anak,” jelasnya lagi.

“Jadi saat lomba setiap peserta lomba akan diberikan waktu selama 60 menit untuk membuat gambar dengan menempelkan kertas warna-warna yang telah disediakan panitia lomba di atas pola gambar yang juga disediakan. Dan karena tahun ini lomba bersama ibu, tugas ibu saat lomba menggunting kertas sesuai kreativitas masing-masing dan mengarahkan kepada anaknya,” bebernya.

Sekilas, lomba ini hampir mirip dengan lomba mewarnai, hanya saja pada lomba kolase ini bukan pencil warna yang dijadikan anak untuk mewarnai pola gambar, tetapi potongan kertas-kertas warna-warni yang dijadikan anak-anak untuk mengisi pola gambar hingga membentuk gambar.

“Saat lomba nanti, setiap peserta diminta membawa meja lipat pribadi dan lem kertas, bahan lomba disediakan oleh panitia dan yang dinilai oleh juri meliputi komposisi (ekspresi artistik), kreativitas, kerapian, dan kekompakan,” jelasnya lagi.(rrf)

Rekomendasi Berita