oleh

2 Januari 2019 KPU Lantik Penyelenggara Pemilu

LUBUKLINGGAU – Pelantikan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) No.31/PUU-XVI/2018 terkait jumlah anggota PPK pada Pemilu 2019 akan dilakukan pada 2 Januari 2019. Hal ini berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan KPU RI No.1509/PP.05-SD/01/KPU/XII/12018 perihan penetapan dan pengangkatan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2019. Demikian dikatakan Komisioner KPU Kota Lubuklinggau Divisi SDM dan Parmas, Debi Arianto, Selasa (18/12).

Menurut Debi sapaan Komisioner KPU Kota Lubuklinggau Divisi SDM dan Parmas ini, masa kerja anggota PPK dan PPS yang sudah dibentuk maupun penambahan akan berakhir 16 Juni 2019, dan dapat diperpanjang sesuai Peraturan Perundang-undangan.

“Prinsipnya kita bekerja sesuai aturan mulai Undang-Undang (UU), Peraturan KPU, hingga Surat Edaran (SE) KPU,” kata Debi.

Bahkan, pelantikan bukan hanya untuk dua anggota PPK yang masuk di masa penambahan, tapi akan dilakukan penetapan dan pengukuhan kembali tiga anggota PPK dan PPS Pemilu 2019, bersamaan dengan pelantikan anggota PPK penambahan.

Sebelumnya, KPU Kota Lubuklinggau melakukan pengumuman penetapan penambahan jumlah anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam penyelenggaraan Pemilu 2019. Pengumuman itu No.365/KPU-Kota-006.435523/XI/2018 tentang Penetapan Penambahan Jumlah Anggota PPK Dalam Penyelenggaraan Pemilu 2019. Adapun nama-nama yang ditetapkan sebagai anggota PPK di Kota Lubuklinggau, Hendri dan Iswandi terpilih sebagai PPK Lubuklinggau Barat I. Ilham Zul Pandi dan Imam Alfarizi sebagai PPK Lubuklinggau Barat II, kemudian Satria Fitriansyah dan Sopian Azhar PPK Lubuklinggau Timur I. Selanjutnya, Angga Alnuari dan Asrul Hanafi terpilih sebagai PPK Lubuklinggau Timur II, Idham Khalik dan Rozali terpilih sebagai PPK Lubuklinggau Utara I. Lalu, Anggaria Saputra dan Herman Sawiran terpilih sebagai PPK Lubuklinggau Utara II, kemudian Bazigar Mardiansyah Putra dan Idil Adha terpilih sebagai PPK Lubuklinggau Selatan I, terakhir Ervina Chayani dan Muazin Putra terpilih sebagai PPK Lubuklinggau Selatan I.

Terpisah, ketua KPU Kabupaten Musi Rawas (Mura), Ach zaein mengatakan kalau pihaknya juga telah menerima SE dari KPU RI tersebut, dan akan melaksanakan sesuai dengan petunjuk.

“Kita akan mengukuhkan dan melanti PPK dan PPS Pemilu 2019, pada 2 Januari 2019,” katanya. (aku)

Rekomendasi Berita