oleh

2.605 Tidak Terdaftar di DP4

Berkas Pencalonan Perseorangan Bergeser ke PPS

“Verifikasi dilakukan sesuai jadwal yang sudah ditentukan,” kata Divisi Teknis KPU Kota Lubuklinggau, Gatot Widjianto

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau, akan melakukan koordinasi ke Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Lubuklinggau, terkait syarat dukungan perseorangan pasangan calon Walikota-Wakil Walikota Lubuklinggau, H Toyeb Rekembang-Sofian.

Pasalnya, berdasarkan hasil verifikasi administrasi yang sudah dilakukan, ditemukan 2.605 dukungan tidak terdaftar dalam Daftar Penduduk Potensial Pemilih (DP4), yang diterima mereka dari KPU RI.

Divisi Teknis KPU Kota Lubuklinggau, Gatot Widjianto mengatakan hal itu tidak memengaruhi jadwal verifikasi faktual yang akan dilakukan, yakni mulai 12 Desember-25 Desember.

“Verifikasi dilakukan sesuai jadwal yang sudah ditentukan,” kata Gatot, Senin (11/12).

Selain itu, dilanjutkan Gatot pihaknya juga menemukan ada 41 dukungan yang diduga ganda, dan itu akan dilakukan verifikasi faktual oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemilihan Suara (PPS).

“Semuanya akan difaktualkan oleh PPK melalui PPS, sejumlah 15.582 dukungan dari 15.873 dukungan yang diserahkan pasangan calon,”jelasnya.

Ditambahkan ketua KPU Lubuklinggau, Efriadi Suhendri untuk memudahkan koordinasi maka hendaknya H Toyeb Rakembang-Sofian untuk membuat surat tugas petugasnya, yang bakal mengawasi verifikasi v aktual. Misalnya, memberi surat tugas satu orang per kelurahan, jadi pasangan calon juga ikut mengawasi kegiatan yang dilakukan KPU Lubuklinggau.

Namun, bakal calon Walikota Lubuklinggau, H Toyeb Rakembang mengatakan kalau dirinya yakin penyelenggara Pemilu, mulai dari KPU dan jajarannya, serta Panwaslu dan jajarannya akan melaksanakan tugas dengan baik, untuk menyukseskan pilkada.

Sementara itu, menindaklanjuti hal ini Panwaslu Kota Lubuklinggau langsung melakukan rapat koordinasi dengan mengundang 21 anggota Panwascam yang tersebar di 7 kecamatan yang ada di wilayah Kota Lubuklinggau.

“Kami menginstruksikan kepada petugas Panwascam mengawasi verifikasi faktual pasangan calon perseorangan. Sebab, hasil dari verifikasi ini sangat penting, menyangkut bisa dan tidaknya yang bersangkutan maju dalam Pilkada,” kata anggota Panwaslu Kota Lubuklinggau,Mursidi didampingi Bahusi.

Menurut dia, turunnya Panwascam melakukan pengawasan dikarenakan saat ini Panitia Pengawas Lapangan (PPL) belum terbentuk.

“Koordinasilah dengan PPK, kapan syarat dukungan tersebut diberikan ke PPS, dan kapan PPS mulai melakukan verifikasi faktual. Setelah itu lakukan pembagian zona dalam melakukan pengawasan, sehingga pengawasan bisa berjalan dengan maksimal,” harapnya. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita