oleh

2.000 Administrasi Keanggotaan Tak Memenuhi Syarat

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Lebih dari 2.000 administrasi keanggotaan Partai Politik (Parpol) calon peserta Pemilu 2019 dalam Kabupaten Rejang Lebong, diperkirakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Hal ini terungkap dalam laporan sementara KPU Rejang Lebong pada laporan penelitian administrasi keanggotaan Parpol, yang dilakukan KPU Rejang Lebong.

Dalam rapat penjelasan hasil verifikasi Administrasi dan faktual kegandaan KTA antar Parpol digelar Selasa (15/11) di aula KPU dihadiri sejumlah Komisioner KPU, Panwaslu dan sejumlah perwakilan Parpol, KPU menjelaskan bayangan hasil verifikasi administrasi telah dilakukan dari data Sipol dimasukkan masing-masing Parpol.

“Jumlah-jumlah yang kita sampaikan ini bersifat bayangan kita sampaikan pada Parpol. Kalau jumlah detail atau validnya akan kita sampaikan pada 16-17 November,” kata Ketua KPU Rejang Lebong, Halid Saefullah didampingi komisioner lainnya, Restu Wibowo dan Mansurudin, Rabu (15/11).

Dijelaskan Halid, data-data kegandaan hasil verifikasi administrasi ini nantinya akan di perbaiki oleh masing-masing Parpol sejak tanggal 18 November hingga 1 Desember.

“Nanti masing-masing Parpol akan diberi kesempatan untuk memperbaiki data-datanya dari 18 sampai 1 Desember,” jelas Halid.

Ditambahkan Mansurudin, KPU Rejang Lebong tidak memiliki kewenangan untuk meloloskan Parpol yang ada di kabupaten. Namun, kewenangan ada di KPU Pusat.

“Tugas kita di KPU kabupaten hanya sebatas melakukan verifikasi data-data yang dimasukkan Parpol ke Sipol untuk dilakukan pengecekan ke lapangan, kalau untuk kewenangan ada di KPU pusat,” jelasnya.

Dalam melakukan verifikasi, KPU bersama pihak terkait turun kelapangan dengan berkoordinasi dengan Kepala Desa (Kades) ataupun Sekdes, untuk menunjukkan rumah atau nama-nama yang ada dalam keanggotaan Parpol.

Kemudian, sambungnya, dengan mengecek nama-nama tersebut KPU melakukan verifikasi administrasi.

“Data valid hasil verifikasinya akan kita sampaikan dalam berita acara yang akan disampaikan pada 16-17 November,” jelasnya.

Sementara itu, dari data KPU Rejang Lebong tentang hasil bayangan atau sementara laporan penelitian administrasi keanggotaan Parpol, dari 13 Parpol mayoritas terdapat potensi kegandaan dalam satu partai, kemudian potensi kegandaan antar partai dan salinan KTA/KTP tidak sesuai dengan data anggota.

Untuk partai Perindo dari data Sipol sebanyak 1.614 yang memenuhi syarat sekitar 1.466. Partai PDIP data Sipol sebanyak 375 yang memenuhi syarat 357. PKS dari data Sipol sebanyak 349 memenuhi syarat sebanyak 334.

Kemudian, Gerindra dari data Sipol 322 memenuhi syarat 308. Partai PPP dari data Sipol 314 memenuhi syarat sebanyak 305. Partai Garuda dari data Sipol 780 memenuhi syarat sebanyak 413. Golkar, dari data Sipol sebanyak 404 memenuhi syarat sebanyak 383.

Kemudian partai Demokrat data Sipol 287 memenuhi syarat 220. Partai NasDem, dari data Sipol 357 memenuhi syarat sebanyak 308, Hanura dari data Sipol 1510 memenuhi syarat 334. Partai PAN data Sipol sebanyak 309 memenuhi syarat 297. Selanjutnya partai PKB data Sipol 393 memenuhi syarat 241 dan Partai Berkarya data Sipol sebanyak 351 memenuhi syarat 187. (09)

Komentar

Rekomendasi Berita