oleh

190 Masyarakat Rebutan Jadi Panwaslucam Musi Rawas

LINGGAU POS ONLINE– Setidaknya, sudah ada 190 orang pendaftar Calon Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwaslucam), menyerahkan berkas pendaftaran ke sekretariat Bawaslu Kabupaten Musi Rawas (Mura), Minggu (1/12).

Ketua Bawaslu Mura, Oktureni Sandhra Kirana menjelaskan setiap pendaftar memiliki peluang yang sama, sebab dalam satu kecamatan minimal yang akan terpilih tiga orang, ditambah dengan tiga orang lagi sebagai calon Pergantian Antar Waktu (PAW).

“Minimal, satu kecamatan enam orang. Artinya ditargetkan hanya 84 pendaftar. Sekarang sudah lebih,” kata Reni.

Ia menjelaskan, membludaknya jumlah pendaftar ini diduga kuatnya amino masyarakat Kabupaten Mura untuk menyukseskan Pemilu. Pihaknya, sebagai lembaga penyelenggara Pemilu, menyambut baik hal ini.

“Tentu kita apresiasi tingginya amino masyarakat,” jelasnya.

Nantinya, bagi pelamar yang mendaftar akan dilakukan penelitian berkas administrasi pada 6 Desember hingga 11 Desember 2019. Sedangkan pengumuman hasil penelitian berkas yang lolos dilakukan pada 12 Desember 2019. Kemudian yang lolos seluruh tahapan seleksi, akan dilantik sebagai Panwaslucam di 14 kecamatan se-Kabupaten Mura, pada 22-23 Desember 2019.

Menurut Reni, ujian seleksi dan tes tertulis penerimaan Panwaslucam berbeda dengan sebelumnya karena akan dilakukan sistem Computer Assisted Test (CAT), yang akan dilaksanakan pada 13 Desember 2019 mendatang. Makanya, direncanakan akan menggandeng sejumlah sekolah, ataupun perguruan tinggi yang memiliki fasilitas komputer serta jaringan yang memadai.

Laporan Aan Sangkutiar

Rekomendasi Berita