oleh

174 Orang Siap Berangkat Haji

MUSI RAWAS – Kuota Jemaah Calon Haji (JCH) yang dipastikan berangkat pada 2019 sebanyak 174 jamaah. Mereka akan menunaikan rukun Islam yang ke lima ini. Kepastian itu disampaikan Kepala Kemenag Mura, H Hermadi melalui Kasi Penyelenggara Haji, H Asror saat dibincangi di ruang kerjanya, Kamis (3/1).

Tidak hanya itu akan ada tambahan kuota untuk JCH yang akan berangkat. Setidaknya, sudah ada 19 orang Lanjut Usia (Lansia) yang sudah masuk entri.

Hanya saja hal tersebut masih bersifat sementara, dikarenakan nantinya akan ada juga pengabungan jamaah untuk Pasangan Suami Istri (Pasutri) dan orang tua dan anak.

Sedangkan untuk keberangkatannya sendiri, atau rencana perjalanan ibadah haji yakni pada Juni mendatang, maka Maret diharapkan sudah masuk dalam tahap pelunasan.

Keberangkatan ibadah haji direct cost komposisi paling besar adalah di perjalanan pesawat. Seperti halnya di tahun sebelumnya, di mana pelunasan perjalanan haji sebesar Rp33 juta, dan biaya pesawatnya mencapai Rp26 juta.

Jadi besaran pelunasan perjalanan haji masih menunggu. karena, untuk penentuannya ada beberapa proses yang harus dilewati, dan juga ada persetujuan anggota dewan.

Sebelum keberangkatan, para JCH akan dilakukan pemeriksaan kesehatan untuk antisipasi menjaga kesehatannya. Jangan sampai, waktu pemberangkatan jamaahnya sudah siap tapi, kesehatannya tidak memungkinkan.

“Sebab untuk tahun kemarin satu jamaah meninggal dunia, jadi tahun ini kita targetkan tidak ada,” kata Asror. (dlt)

Rekomendasi Berita