oleh

17 Warga Tewas Lakalantas

38 Kasus Lakalantas

LINGGAU POS ONLINE, DEMPO – Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Lubuklinggau telah menangani 31 kasus Kecelakaan Lalulintas (Lakalantas). Kejadian tragis itu berlangsung di wilayah hukum Polres Lubuklinggau.

Kapolres Lubuklinggau, AKBP Sunandar melalui Kasat Lantas, AKP Sukiman mengatakan 38 Lakalantas terjadi selama delapan bulan. Yakni Januari hingga Agustus 2017.

“Secara keseluruhan selama 2017 belum bisa disampaikan, karena akan dilakukan pada ungkap kasus akhir tahun,” kata Sukiman, Rabu (27/12).

Sukiman menjelaskan, 38 Lakalantas diantaranya 17 Meninggal Dunia (MD), 19 Luka Ringan (LR), 12 Luka Berat (LB). Sedangkan kerugian materil lebih kurang Rp 81 juta.

Dilihat dari kasus Lakalantas bahwa memang masih sering terjadi sebab pengendara masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk mematuhi peraturan lalulintas yang ada.

Seperti mengendarai kendaraan dengan ugal-ugalan, tidak menggunakan helm, bonceng tiga serta masih ada melawan arus dan melanggar rambu-rambu lalulintas.

“Tentu saja apabila masih dilakukan pengendara maka besar kemungkinan akan terjadi Lakalantas,” kata pria berpangkat balok tiga ini.

Lebih lanjut AKP Sukiman menjelaskan, kiranya kepada pengendara untuk mematuhi aturan lalu lintas guna mencegah terjadinya Lakalantas yang mengakibatkan LR, LB hingga MD.

Karena sepeda motor dan mobil itu diciptakan bukan sebagai mesin pembunuh melainkan sebagai alat transportasi agar lebih cepat mencapai tujuan.

“Akan lebih baik, pengendara harus mematuhi peraturan lalu lintas untuk mencegah terjadinya Lakalantas,” tutupnya.(16)

Komentar

Rekomendasi Berita