oleh

165 Perempuan Berebut Kursi Dewan

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – 412 Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) yang diusung 16 Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu Legislatif (Pileg) di Kabupaten Rejang Lebong hampir separuh Bacaleg dari kalangan perempuan. Ada 165 diantaranya perempuan, dan Bacaleg laki-laki 247 .

Ketua KPU Rejang Lebong, Restu Wibowo, Jumat (20/7) mengatakan persentase keterwakilan perempuan saat ini lebih dari 40 persen. Berbeda dengan tahun sebelumnya, keterwakilan perempuan sifatnya hanya memperhatikan namun tidak mewajibkan keterwakilan perempuan.

Namun, pemilu tahun 2018 diwajibkan dengan minimal 30 persen keterwakilan perempuan sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018.

“Kalau sekarang keterwakilan perempuan wajib minimal 30 persen,” katanya.

Dari persentase keterwakilan perempuan pada Bacaleg kali ini, katanya, masing-masing partai yang mengusung Bacaleg menempatkan sejumlah perempuan untuk dipilih menjadi calon legislatif.

“Setiap Dapil ada keterwakilan perempuan, menurut saya perempuan juga memiliki hak memilih dan dipilih,” katanya.

Sementara itu, terkait soal verifikasi penelitian berkas Bacaleg yang diusung partai dan didaftarkan di KPU Rejang Lebong, saat ini verifikasi telah selesai dan akan dirapatkan dalam Pokja.

“Verifikasi penelitian berkas pencalonan sudah selesai, sore ini kita akan membahas dengan tim Pokja diantaranya dari Kepolisian, Dinas pendidikan, Kejaksaan dan pihak terkait lainnya,” katanya.

Hasil verifikasi nanti, sambung Restu, akan disampaikan dalam pleno dihadiri pihak Parpol dari tanggal 19 sampai 21 Juli.

“Nanti untuk perbaikan berkas Bacaleg yang terdapat kekurangan bisa diperbaiki pada tanggal 22 sampai 31 mendatang,” tambah Restu. (09)

Rekomendasi Berita