oleh

155.153 Orang Masuk DPT

“Aplikasi Sidalih menghapus data ganda, sehingga hasil pleno yang sudah dilakukan PPK mengalami pengurangan,”kata Staf Pemilu dan Humas KPU Kota Lubuklinggau, Nick Rosamy Sasmita.

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kota Lubuklinggau versi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sebanyak 156.576 orang. Sedangkan DPT yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk Pilkada Lubuklinggau dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sumatera Selatan (Sumsel), sebanyak 155.153 orang.

Data penetapan KPU tersebut berdasarkan Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih). Dengan demikian, selisih perbedaan data itu, sebanyak 1.423 orang.

“Data tersebut terjadi selisih karena beberapa hal. Antara lain karena penetapan oleh PPK dilakukan secara offline. Sedangkan di KPU menggunakan aplikasi Sidalih. Berdasarkan itu diketahui bahwa ada data ganda pemilih,” kata Ketua KPU Kota Lubuklinggau, Efriadi Suhendri, didampingi Divisi Program dan Data, Efrizal melalui Staf Pemilu dan Humas KPU Kota Lubuklinggau, Nick Sasmita Rasamy, Kamis (19/4).

Nick menambahkan, pemilih yang didata ganda itu antara lain terjadi dalam satu TPS, antara TPS di dalam satu kelurahan, TPS antara kelurahan, TPS antara kecamatan maupun TPS dalam satu kecamatan. Bahkan, ada juga pemilih yang ternyata masih bawah umur, dan ada yang meninggal dunia setelah didata.

Menurut Nick, hal-hal tersebut mengakibatkan perbedaan jumlah data pemilih antara PPK dengan KPU.

“Tapi, DPT yang ditetapkan oleh KPU merupakan data final,”jelasnya.

Namun, bila ke depan masih ada masyarakat yang belum terdata di DPT, namun sudah memenuhi syarat untuk memilih, yakni mulai berusia di atas 17 tahun, sudah menikah dan berdomisili di wilayah Kota Lubuklinggau, dapat dimasukkan dalam DPT Tambahan.

“Prinsipnya, kami tidak akan menghilangkan hak suara yang sudah diberikan oleh negara kepada masyarakat. Sepuluh hari kedepan DPT yang sudah ditetapkan ini, akan diumumkan sesuai dengan peta TPS yang sudah ditetapkan, untuk masyarakat sekitar kalau masih ada yang belum terdaftar, bisa melaporkannya ke PPS dan PPK, untuk dimasukkan dalam DPT Tambahan,” jelasnya.

Adapun, rincian hasil pleno di PPK, yakni PPK Lubuklinggau Barat I jumlah pemilih 25.357, PPK Lubuklinggau Barat II berjumlah 14.795, PPK Lubuklinggau Selatan I berjumlah 10.683, PPK Lubuklinggau Selatan II berjumlah 20.737. Kemudian di Lubuklinggau Utara I berjumlah 12.069 pemilih, PPK Lubuklinggau Utara II berjumlah 28.077 pemilih, PPK Lubuklinggau Timur I berjumlah 21.791 pemilih, PPK Lubuklinggau Timur II berjumlah 23.067.

Total DPSHP hasil pleno PPK di 8 tempat sebanyak 156.576. Sedangkan berdasarkan data Sidalih KPU, di Kecamatan Lubuklinggau Barat I berjumlah 24.823 pemilih, di Kecamatan Lubuklinggau Barat II berjumlah 14.654 pemilih, di Kecamatan Lubuklinggau Selatan I berjumlah 10.683 pemilih, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II berjumlah 20.737 pemilih. Kemudian di Kecamatan Lubuklinggau Utara I berjumlah 12.069 pemilih, Kecamatan Lubuklinggau Utara II berjumlah 27.630 pemilih, di Kecamatan Lubuklinggau Timur I berjumlah 21.661 pemilih , dan di Kecamatan Lubuklinggau Timur II berjumlah 22.896. Total DPT berdasarkan Sidalih KPU berjumlah 155.153. (01)

Rekomendasi Berita