oleh

155.153 Orang Bakal Memilih

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau, Minggu (29/4) mengumumkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada Lubuklinggau dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sumatera Selatan (Sumsel). Berdasar hasil penginputan data Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih), dinyatakan DPT Kota Lubuklinggau 155.153 orang.

Divisi Program dan Data KPU Lubuklinggau, Efrizal menjelaskan data tersebut berdasarkan Sidalih yang sudah di-upload KPU beserta jajarannya. Ia mengatakan, data tersebut tidak mengalami perubahan sedikitpun, saat dilakukannya pleno di KPU Provinsi Sumsel.

“Memang ada tiga KPU kabupaten/kota melakukan pleno perbaikan atau revisi, yakni Kota Palembang, Kabupaten Lahat dan Muratara. Sementara untuk Kota Lubuklinggau, jumlah DPT tidak mengalami perubahan, yakni 155.153,” kata Efrizal, Sabtu (28/4).

Ia melanjutkan, jadi DPT hasil pleno tersebut langsung didistribusikan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), yang dilanjutkan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS), untuk diumumkan pada tempat-tempat strategis.

“Di sini, kita meminta kepada masyarakat untuk kembali mengecek DPT yang sudah diumumkan. Kalau ada yang belum masuk, segera laporkan ke PPS setempat, agar bisa langsung di data,” jelasnya.

Kemudian, untuk masyarakat yang belum memiliki KTP-El, tapi merupakan penduduk asli Lubuklinggau, di minta segera melakukan perekaman di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), agar bisa menggunakan hak pilihnya pada 27 Juni 2018 mendatang.

“Syarat untuk menggunakan hak pilih kalau tidak terdaftar selain di DPT, adalah membawa KK, KTP-El atau Suket (Surat Keterangan, red) dari Disdukcapil. Tapi, bisa menggunakan hak pilih pukul 12.00 WIB ke atas,” ungkapnya.

Ia menambahkan, intinya KPU Lubuklinggau beserta jajarannya, dari PPK, PPS hingga KPPS tidak akan menghilangkan hak pilih setiap masyarakat, asalkan memenuhi syarat yang sudah ditetapkan.

Adapun rincian DPT per kecamatan, di Kecamatan Lubuklinggau Barat I berjumlah 24.823 pemilih, di Kecamatan Lubuklinggau Barat II berjumlah 14.654 pemilih, di Kecamatan Lubuklinggau Selatan I berjumlah 10.683 pemilih, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II berjumlah 20.737 pemilih. Kemudian di Kecamatan Lubuklinggau Utara I berjumlah 12.069 pemilih, Kecamatan Lubuklinggau Utara II berjumlah 27.630 pemilih, di Kecamatan Lubuklinggau Timur I berjumlah 21.661 pemilih , dan di Kecamatan Lubuklinggau Timur II berjumlah 22.896.

Total DPT berdasarkan Sidalih KPU berjumlah 155.153.

Sementara itu, Pengamat Politik yang juga Dosen FISIP Unsri, Dr Joko Siswanto menilai, memasuki tahun politik tidak perlu terlalu khawatir. Pilkada 2018 akan berlangsung di 171 daerah, 17 di antaranya dilaksanakan di tingkat provinsi.

Ia meminta kepada masyarakat dan KPU, khususnya tim sukses masing-masing calon, untuk melakukan pencermatan terhadap DPT tersebut.

“Saya meminta masyarakat untuk mencermati DPT. Bahkan, tim sukses calon juga ikut mencermati DPT itu,” pinta Joko.

Percermatan tersebut, menurut Joko, jika ada nama masyarakat yang sudah mempunyai hak pilih, namun belum tercantum, agar bisa disampaikan dan didaftarkan ke PPS.

“Masyarakat untuk aktif mencermati Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sudah ditetapkan, dan diumumkan kepada publik. Minimal, meneliti namanya sendiri, sudah tercantum atau belum di lembaran data tersebut,” imbaunya. (01/04)

Rekomendasi Berita