oleh

154 APS Turun Paksa

SEMENTARA itu, 154 baliho dan spanduk peserta Pemilu 2019 ditertibkan Bawaslu Kota Lubuklinggau. Jumlah yang ditertibkan ini hasil penyisiran Bawaslu dan Panwascam serta PPL se-Kota Lubuklinggau.

Semua baliho spanduk yang ditertibkan ini yang dipasang tidak sesuai tempatnya, karena bertentangan dengan Undang-Undang (UU) No.7 Tahun 2017 tentang Pemilu, Peraturan KPU, hingga Peraturan Daerah (Perda).

Seperti yang dipasang peserta pemilu di tiang listrik, tiang telepon, pohon milik pemerintah, taman kota dan tempat terlarang lainnya.

Dari hasil penertiban ini, baliho spanduk yang ditertibkan merupakan Alat Peraga Sosialisasi (APS) dari anggota DPD, DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kota Lubuklinggau, serta pasangan calon Presiden-Wakil Presiden. Jadi, milik semua peserta pemilu yang akan berkompetisi di Pemilu 2019.

Adapun rincian baliho maupun spanduk yang sudah ditertibkan adalah, di Kecamatan Lubuklinggau Barat II 17 lembar, Lubuklinggau Barat I 46 lembar, Lubuklinggau Selatan II 13 lembar, Lubuklinggau Selatan I 9 lembar. Kemudian di Kecamatan Lubuklinggau Utara I 12 lembar, Lubuklinggau Utara II 21 lembar, Lubuklinggau Timur I 6 lembar dan Lubuklinggau Timur II 30 lembar.

Komisioner Bawaslu Kota Lubuklinggau Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran (HPP) dan Sengketa Pemilu, Bahusi mengatakan jajarannya masih melakukan penyisiran terhadap baliho maupun spanduk yang dipasang peserta Pemilu. Jadi, bila ada baliho maupun spanduk yang dipasang tidak sesuai tempatnya akan langsung dilakukan penertiban.

“Kita meminta kepada seluruh peserta pemilu untuk mematuhi aturan yang sudah ditetapkan,” kata Bahusi, Sabtu (29/12).

Mengenai baliho maupun spanduk yang sudah ditertibkan, bisa diambil oleh tim kampanye dari peserta pemilu di sekretariat Bawaslu Kota Lubuklinggau, di Kelurahan Watervang, Kecamatan Lubuklinggau Timur I.

“Tapi, sampai saat ini belum ada tim kampanye dari peserta pemilu yang mengambil alat peraga yang sudah ditertibkan ini. Namun, kedepan kami mengimbau agar seluruh peserta pemilu untuk memasang baliho maupun spanduk di lokasi yang sudah ditetapkan, agar pesan yang terkandung di dalam spanduk maupun baliho tersebut tersampaikan, ”jelasnya. (aku)

Rekomendasi Berita