oleh

151 Pengendara Ditindak Satuan Lalulintas Polres Lubuklinggau

LINGGAU POS ONLINE– Sedikitnya 151 pengemudi kendaraan bermotor ditindak (tilang) Satuan Lalulintas Polres Lubuklinggau dalam Operasi Zebra Musi 2019. Rinciannya roda dua ada 100 unit, dan roda empat ada 51 unit.

Penindakan dilakukan sejak Rabu hingga Jumat (23-25/10) di sejumlah lokasi yang dijadikan tempat razia. Selain memberikan tindakan berupa tilang, Satuan Lalulintas Polres Lubuklinggau juga memberikan teguran terhadap 12 pengendara.

“Pengendara yang melakukan pelanggaran terjaring razia sejak Operasi Zebra Musi 2019 dimulai 23 Oktober ada 151 orang,” ungkap Kapolres Lubuklinggau AKBP Dwi Hartono melalui Kasat Lantas, AKP Imanuhadi didampingi Kanit Regiden, Ipda M A Karim kepada Linggau Pos, Jumat (25/10).

Dijelaskan Karim, Operasi Zebra Musi 2019 akan berlangsung selama 14 hari, mulai 23 Oktober hingga 5 November 2019. Target operasi terhadap pengendara bawah umur, tidak memiliki SIM. Kemudian pelanggaran tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB), surat-surat kendaraan tidak lengkap, kendaraan bermuatan lebih, pengendara dibawah pengaruh alkohol dan menggunakan handphone saat berkendara.

“Yang menjadi prioritas pengendara yang menyebabkan kecelakaan. Karena salah satu tujuan Operasi Zebra Musi 2019 untuk menekan angka kecelakaan Lalulintas,” tegas Karim.

Operasi Zebra Musi 2019 menurut Karim mengambil tema Meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat guna mewujudkan Kamseltibcar lantas. Operasi Zebra diperuntukkan agar masyarakat mematuhi hukum dan aturan sesuai dengan alenia ke 4 UUD 1945.

Ditambahkan Karim, saat melaksanakan tugas Operasi Zebra Musi 2019, personel Polres Lubuklinggau di lapangan selalu diminta menggunakan tiga S. Yakni Senyum, Salam dan Sapa. Dan menghindari argumentasi di jalan serta penegakan hukum dengan sopan santun.

Laporan Budi Santoso

Rekomendasi Berita