oleh

150 Sekolah Belum Terapkan K13

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – Dari 316 SD negeri dan swasta di Kabupaten Musi Rawas, baru 168 sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013 (K13). Sementara untuk SMP, dari 67 sekolah tinggal dua lagi yang belum menerapkan K13.

“Jadi memang masih 150 sekolah lagi, 148 SD dan dua SMP yang belum menerapkan K13. Oleh karena itu, dilakukanlah Pelatihan Penyusunan Dokumen I, II Dan III K13. Pesan saya, mereka ini (kepala sekolah, red) harus mengimbaskan ke sekolah lain mengingat mulai Juli 2018 seluruh sekolah melaksanakan K13 baik melalui KKS, KKG maupun gugus-gugus di setiap kecamatan. Paling lambat April 2018 sudah tuntas dalam sosialisasi. Dinas Pendidikan (Disdik) dan UPT terus memantau kegiatan di kecamatan,” jelasnya.

Untuk kegiatan kemarin, akan diadakan sampai 17 November 2017 diikuti 66 Kepala SD yang sudah melaksanakan K13.

Kalau K13, 50 % diberikan kebebasan kepada peserta didik untuk menggali materi. Tapi di antara perbedaan yang mencolok dan kelebihan kurikulum 2013 yang tidak ditemukan pada kurikulum sebelumnya adalah adanya konsep pendekatan scientifik.

“Dengan pendekatan scientific inilah diharapkan siswa didik dapat lebih berkembang kompetensinya. Mendorong dan menginspirasi siswa mampu memahami, menerapkan, dan mengembangkan pola berpikir yang rasional dan objektif dalam merespon materi pembelajaran. Dan juga mendorong dan menginspirasi siswa berpikir secara kritis, analitis, dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan materi pembelajaran.” jelas Sukamto. (05)

Komentar

Rekomendasi Berita