oleh

150 Orang Imam dan Khotib Ikuti Bimtek

DMI Kota Lubuklinggau Terbaik Kelima Se-Indonesia

LINGGAU POS ONLINE, PERMIRI- Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Lubuklinggau sukses mengadakan bimbingan dan teknis (bimtek) Imam dan Khotib se-Kota Lubuklinggau. Kegiatan ini diadakan di Subkos, Jalan Garuda, Kelurahan Pasar Pemiri, Kecamatan Lubuklinggau Barai II, Rabu (9/5).

Kegiatan Bimtek ini mengusung tema ‘Melalui Bimtek Iman dan Khotib se- Kota Lubuklinggau Kita tingkatkan kemampuan dan Profesionalisme Iman dan Khotib guna Memakmurkan dan dimakmurkan Masjid’. Peserta Bimtek sebanyak 150 orang, dari 50 masjid se-Kota Lubuklinggau. Kegiatan ini yang dibuka langsung oleh Asisten I Setda Kota Lubuklinggau, H Ibnu Amin.

Lima narasumber dalam kegiatan ini yaitu, Ketua umum DPW DMI Sumsel, H Bukhori Abdullah, eks Kepala Kemenang Kota Lubuklinggau, H Sutan Sahril Hapidin, Dewan Pensehat MUI Kota Lubuklinggau, H Hasan Basri Arha, Kepala Kemenag Kota Lubuk linggau H Zainuri Matan, Dosen Stais Kota Lubuklinggau H Lukman Ahmad.

Ketua DMI, H Tarmizi Yusup mengatakan Bimtek ini bertujuan agar imam sebagai pimpinan jemaah yang benar-benar menjadi imam yang baik, salah satunya baik dalam bacaan ayat-ayat suci Al-quran. Sedangkan khotib, kedepannya bisa menyejukkan jemaah tanpa menyebarkan berita Hoax. Sehingga tidak terjadi keinginan yang diinginkan oleh jemaah, dengan harapan dengan adanya Bimtek ini semoga imam dan khotib yang hadir bisa meningkatkan kemampuannya dan profesionalismenya guna mendukung Kota Lubuklinggau menuju Kota Madani.

Dalam Bimtek imam dan khotib ini juga ada pembacaan ayat-ayat suci Al-quran yang dibacakan oleh H Yulianto. Asisten I Setda Kota Lubuklinggau, H Ibnu Amin mengatakan masjid bukan tempat sholat dan mengaji saja. Tetapi tempat pengetahuan dalam agama Islam yang sesuai dengan ajaran Alquran, dan hadist dan seluruh kegiatannya harus sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) masjid.

Ketua Umum DPW DMI Sumsel, H Buqhori Abdullah menambahkan imam dan khotib merupakan perangkat penting didalam pelaksanan shalat berjamah baik fardhu maupun sunnat. Karena itu penunjukkan imam dan khotib harus selektib sesuai dengan ketentuan agar pelaksanan shalat dan khutbah dapat terlaksana secarah sah, sempurna, khusus, dan tertib. Katanya DMI Kota Lubuklinggau terbaik nomor lima se Indonesia diberikan oleh Ketua Umum DMI H Yusup Kalla.(AE03)

Rekomendasi Berita