oleh

150 OPD Ikuti Penyusunan RKPD

MUSI RAWAS – Sebanyak 150 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas (Mura), mengikuti forum konsultasi publik dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD). Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Bupati Mura, H Hendra Gunawan bertempat di Hotel Dewinda Lubuklinggau, Selasa (29/1).

Bupati Mura, Hendra Gunawan dalam pidatonya menyampaikan pelaksanaan forum konsultasi publik yang sedang berlangsung ini dan dilaksanakan setiap tahunnya, bukanlah kegiatan yang bersifat seremonial tahunan. Namun kegiatan ini untuk menghasilkan banyak kesepakatan, terutama tentang skala prioritas pembangunan yang sangat berguna bagi semua. Karena anggaran untuk membangun Kabupaten Mura masih sangat terbatas.

Oleh karena itu, dalam menyusun rencana pembangunan harus benar-benar efisien, efektif dan tepat sasaran. Dengan memperhatikan skala prioritas, sesuai kondisi kebutuhan dari masyarakat dan mempertimbangkan kemampuan keuangan. Sehingga tujuan yang ingin dicapai bersama, yaitu visi dan misi dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Mura 2016-2021 dapat segera terwujud.

Menurutnya, ada lima isu strategis yang diusung pada RKPD Kabupaten Mura 2020 berdasarkan evaluasi terhadap pencapaian kinerja selama tiga tahun terakhir, terkait dengan visi-misi yang ada dalam RPJMD. Yakni, pengembangan wilayah dan pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA), daya saing daerah, kualitas dan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM), kemiskinan dan ketertinggalan dan tata kelola pemerintahan.

“Terkait dengan isu strategis pembangunan dan rencana kerja Pemda 2020, dalam konteks pembangunan di Kabupaten Mura akan terpengaruh dengan isu Pemilu,” kata Hendra Gunawan.

Kepala Bappeda Mura, H Nanti Kasih mengatakan tujuan kegiatan diadakan adalah untuk menjalin aspirasi dan pemangku kepentingan pada tahap awal. Terhadap prioritas dan sasaran pembangunan  2020.

“Acara ini diadakan selama satu hari, ini salah satu acara yang penting dan strategis dalam menyusun rancangan kerja Pemda,” kata Nanti Kasih. (dlt)

Rekomendasi Berita