oleh

15 Penderita DBD, Lubuklinggau Belum Ditetapkan KLB

Cikwi: Hanya Suspect

LINGGAU POS ONLINE, WATERVANG – Lebih kurang saat ini sudah ada 15 orang warga Kota Lubuklinggau menderita Demam Berdarah Dengue (DBD). Tapi, masih belum ada penetapan Kasus Luar Biasa (KLB) untuk kasus DBD.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Lubuklinggau, H Cikwi kepada wartawan, Kamis (28/6) mengatakan penderita dirawat di RSUD Siti Aisyah, RSUD dr Sobirin, dan beberapa Puskesmas. Cikwi menegaskan bahwa sebagian besar penderita hanya suspect (curiga).

“Itu artinya baru gejala, belum positif. Jadi gini, penderita berobat ke Puskesmas karena mengarah ke DBD makanya dirujuk ke RSUD. Baik Siti Aisyah maupun Sobirin,” jelas Cikwi.

Ditambahkan Cikwi, jika sudah dirujuk ke RSUD maka penderita bisa mendapatkan perawatan maksimal. Dan langsung dilakukan tes darah.

Sekda Kota Lubuklinggau, H Rahman Sani menegaskan pencegahan DBD ini bukan hanya tugas Dinkes Kota Lubuklinggau saja. Tapi seluruh lapisan termasuk masyarakat, salah satunya dengan rutin mengadakan gotong royong.

Bahkan sebelumnya Pemkot Lubuklinggau juga sudah melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), dan pembagian bubuk abate ke warga.

“Jangan hanya nunggu diajak gotong royong mau bergerak, minimal lingkungan rumah pribadi bersihkan dulu. Kalau semua punya kesadaran untuk bersihkan lingkungan pribadi, kita bisa meminimalisir penyebaran DBD,” ungkap Rahman Sani.(07)

Rekomendasi Berita