oleh

15 Pelajar Pakai Narkoba

LINGGAU POS ONLINE– Sebanyak 15 pelajar terdata jadi penyalahguna narkoba. Sembilan orang dilaporkan ke Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Lubuklinggau tahun 2018. Dan enam orang dilaporkan tahun 2019.

Kepala BNN Kota Lubuklinggau, AKBP Himawan Bagus Riyadi melalui Kasi Rehabilitasi, Hera Diana mengatakan rata-rata penyebab pelajar dan orang dewasa terjebak pakai narkoba, kebanyakan karena pergaulan.

Jadi karena temannya pakai, dia ikut pakai. Karena gengsi. Selain itu, ada juga pecandu yang terjerat narkoba karena masalah ekonomi, pernah mengalami kekerasan fisik, emosi, atau seksual dan memiliki masalah hubungan dengan pasangan, kerabat atau keluarga bahkan ada yang karena broken home.

Menurut Hera, pengguna narkoba bisa sembuh dari kecanduannya. Namun harus ada motivasi dari dirinya untuk tidak pakai lagi. Dibantu dukungan keluarga.

Dari 75 orang yang tertangkap jadi penyalahguna narkoba tahun 2018, 10 diantaranya perempuan. 51 Orang hasil tangkapan BNN tanpa barang bukti. Dan 24 orang sengaja datang ke BNN Kota Lubuklinggau minta direhab. Kalau tahun 2019, dari 74 orang itu ada 5 orang yang perempuan.

Menurut Hera, di Kota Lubuklinggau, kecamatan yang paling banyak warganya tertangkap penyalahguna narkoba di Lubuklinggau Timur II ada 17 orang disusul dan Lubuklinggau Barat II 14 orang. Ada juga yang warga Kabupaten Musi Rawas ditangkap BNN Lubuklinggau 10 orang, dan warga Kabupaten Muratara 2 orang.

Rata-rata pelaku penyalahguna narkoba ini usianya 17-25 tahun ada 24 orang, 26 – 35 tahun ada 27 orang, dan usia 36 sampai 45 tahun ada 12 orang.

Lembaga rehab para pecandu ini, rawat jalan Klinik Pratama 107 orang, Balai Besar Lido Bogor ada 10 orang, Napza Edwin Foundation Palembang 4 orang, Yayasan Griya Anak Sayang Nazarent Palembang ada 2 orang, dan Mitra Mulya Palembang ada 2 orang, Loka Kalianda Lampung ada 9 orang dan Yayasan Karunia Insani ada 2 orang.

Kepala BNN Kabupaten Musi Rawas, Hendra Amoer mengatakan ada 27 orang yang direhab melalui BNN Musi Rawas.

Kebanyakan warga yang melapor dan minta direhab yakni warga Kecamatan Terawas dan Muara Kelingi. Sedangkan hasil tangkapan 2019, ada 6 orang tersangka penyalahgunaan yang diamankan, dengan total barang bukti sabu-sabu seberat 182.5 gram dan 5 butir pil ekstasi.

Laporan Apriyadi

Rekomendasi Berita