oleh

144 KPPS Ikut Bimtek

Tata Cara Pemungutan dan Penghitungan Suara

LINGGAU POS ONLINE, MARGA RAHAYU – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Lubuklinggau Selatan II adakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pemungutan dan penghitungan suara kepada Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) se-Kecamatan Lubuklinggau Selatan II.

Bimtek tersebut dilakukan di aula pertemuan kantor Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, Kelurahan Marga Rahayu, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, Jumat (22/6).

Dikarenakan banyaknya peserta yang mengikuti Bimtek sejumlah 144 orang anggota KPPS, maka pelaksanaan Bimtek dibagi dalam dua sesi, yakni pukul 09.00 WIB-12.00 WIB diikuti 72 orang anggota KPPS. Kemudian, pukul 13.00 WIB-18.00 WIB diikuti 72 orang anggota KPPS. Banyaknya jumlah peserta yang mengikuti Bimtek dikarenakan dalam satu TPS diwakili 3 anggota KPPS.

Ketua PPK Lubuklinggau Selatan II, Irkan Franolus menjelaskan tujuan dilakukannya Bimtek untuk memberi penjelasan ke KPPS mengenai proses pemungutan dan penghitungan suara. Bahkan, dalam pelaksanaan Bimtek langsung dilakukan pemutaran film melalui layar proyektor tentang tata cara pemungutan dan penghitungan suara. Termasuk, cara menyambut para pemilih yang datang ke TPS, serta tempat duduk untuk para saksi pasangan calon, pengawas TPS dan tempat petugas Linmas.

“Kita berikan penjelasan secara mendetail mengenai proses pemungutan dan penghitungan suara,” kata Irkan Franolus.

Menurut Irkan Franolus, dalam pelaksanaan Bimtek pihaknya juga memberikan simulasi mengenai proses rekapitulasi penghitungan suara yang akan dilakukan KPPS. Penekanan dalam proses rekapitulasi menghindari sekecil apapun kekeliruan, bila ada kekeliruan harus segera diselesaikan di TPS. Sebab, ketika kekeliruan tersebut tidak diselesaikan, otomatis kekeliruan yang sama akan terjadi ditingkat selanjutnya, baik PPK maupun KPU.

Selain itu, sosialisasi mengenai Surat Edaran (SE) KPU RI Nomor 574/PL.03.6-SD/06/KPU/VI/2018 tanggal 8 Juni 2018, perihal penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan suara. Karena, berdasarkan regulasi terbaru pemilih yang membawa formulir C6 KWK tidak perlu lagi menunjukkan KTP-El atau Surat Keterangan. Namun, ketika dibutuhkan anggota KPPS bisa meminta pemilih untuk menunjukkan identitasnya.

“Semoga dengan dilakukannya Bimtek ini, seluruh anggota KPPS se-Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, dapat berkerja dengan baik dan Pilkada dinyatakan sukses,”harapnya.

Untuk diketahui, Bimtek dihadiri Ketua PPK Lubuklinggau Selatan II, Irkan Franolus didampingi anggota Febri Habibi Asri, Aldila Ita Meutia, M Dani dan Aswarliansyah. Termasuk Sekretaris PPK Lubuklinggau Selatan II, Wiwin Eka Saputra beserta dua orang sekretariatnya, Gantara dan Yepi Kristianti. (01)

Rekomendasi Berita