oleh

140 Kasus TB Ditemukan

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Penyakit Tuberkulosis (TB) masih ditemukan di Kabupaten Rejang Lebong. Temuan ini terungkap saat rapat koordinasi SSR TB-HIV Aisyiyah Rejang Lebong, bersama Ketua DPRD Rejang Lebong, Senin (20/11).

Koordinator SSR TB-HIV Aisyiyah Rejang Lebong, Imam Ahmad Amin menjelaskan, kasus TB di Kabupaten Rejang Lebong masih ditemukan. Tahun 2017 ini saja, terdeteksi 140 kasus TB yang ditemukan.

“Sudah 140 kasus, penyakit TB yang ditemukan,” katanya.

Dia menjelaskan kasus HIV/AIDS sendiri totalnya 84 kasus terhitung sejak tahun 2011 lalu. Dipaparkan Imam, dalam melakukan pendataan dan pendampingan kepada pengidap TB dan HIV/AIDS, pihaknya memiliki 48 orang kader serta 40 orang lainnya yang berasal dari tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Mereka melakukan pendataan dan sosialisasi di 15 kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong. Kita terus melakukan pendampingan agar pengidap TB di Rejang Lebong ini bisa sembuh dan berkurang,” katanya.

Ia berharap pengidap TB ini bisa selalu berobat ke Puskesmas ataupun pelayanan kesehatan lainnya. Ia mengakui, kalangan masyarakat banyak yang belum percaya jika penyakit TB bisa disembuhkan terutama masyarakat pedesaan.

Oleh sebab itu, pihaknya memberikan edukasi kepada masyarakat sehingga penanganan kasus TB ini tepat dan pengidapnya bisa sembuh. Sementara itu, Ketua DPRD Rejang Lebong, M Ali mengaku senang dengan adanya Yayasan SSR TB-HIV Aisyiyah peduli terhadap penderita TB.

“Kegiatan ini nagat positif adanya kawan-kawan dari Yayasan SSR TB-HIV Aisyiyah nantinya tidak ada warga Rejang Lebong yang terkena TB yang tidak berobat,”harapnya.

Senada disampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Harmansyah.

“Dengan adanya yayasan ini kita sangat terbantu. Apalagi dengan memberikan edukasi yang luas kepada masyarakat sehingga masyarakat yang menderita penyakit TB bisa diobati dan sembuh,” ungkapnya.(09)

Komentar

Rekomendasi Berita