oleh

14 Warga Binaan Rekam KTP-El

CURUP – Setidaknya ada 14 orang warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Curup melakukan perekaman KTP-El, Rabu (30/1). Perekaman dilakukan di salah satu ruangan khusus di Lapas Kelas IIA Curup, dihadiri Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rejang Lebong Bakhrim, Panwaskab Rejang Lebong, KPU Rejang Lebong dan pihak terkait lainnya.

Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Rejang Lebong, Mei Susanti Harahap menjelaskan, proses perekaman KTP-El untuk warga binaan yang difokuskan pada hari ini yakni untuk 14 warga binaan yang belum memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).

“Setelah dilakukan pengecekan data, dari 129 disampaikan Lapas yang merupakan penduduk Rejang Lebong, yang dilakukan perekaman sebanyak 14 yang dideteksi belum memiliki NIK sama sekali,” jelas Mei.

Selain fokus pada 14 warga binaan yang memang belum memiliki NIK sama sekali, juga ada 37 orang warga binaan yang dideteksi memiliki Kartu Keluarga (KK) dan kemudian memiliki NIK namun belum melakukan perekaman.

Dalam pelaksanaan perekaman dalam Lapas, kata Mei, dilakukan dengan sistem online.

“Jadi dengan menggunakan peralatan kita ini, rekam hari ini di Lapas sama dengan merekam dengan di kantor Disdukcapil, sehingga bisa online. Begitu ini selesai bisa dicetak, setelah kita cetak nanti akan kita serahkan ke Lapas,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasubsi Registrasi pada Lapas Kelas IIA Curup, Amrullah menjelaskan, perekaman KTP-El yang dilakukan di Lapas memang difokuskan untuk 14 orang.

“Semua data dicek Disdukcapil sehingga dilakukan perekaman sekarang,” tambah Amrullah.

Untuk perekaman warga binaan Lapas, hingga saat ini sudah dilakukan tiga kali untuk warga binaan merupakan warga Rejang Lebong.

“Kalau jumlah penghuni Lapas sewaktu-waktu bisa berubah, seiring dengan keluar dan masuknya warga binaan. Kalau untuk warga binaan Lebong dan Kepahiang relatif sedikit dan sudah dilakukan,” katanya. (sam)

Rekomendasi Berita