oleh

13 Kelurahan Dapat Bantuan Pembangunan Jamban

PENANDATANGANAN nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) pembangunan jamban keluarga dan pembinaan posyandu holistik terintegrasi dalam rangka mempercepat pencapaian Mura Sempurna Sehat, dilaksanakan di ruang Op Room Pemkab Musi Rawas, Kelurahan Air Kuti, Kecamatan Lubuklinggau Timur I, Senin (2/4).

Dalam acara tersebut, Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Musi Rawas (Baznas Mura) menyalurkan dana kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) senilai Rp 35 juta. Dana tersebut digunakan untuk pembangunan jamban di 13 kelurahan dalam wilayah Kabupaten Musi Rawas.

Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan menyampaikan rapat ini langsung sepakat penandatanganan pembangunan di Kabupaten Musi Rawas, baik infrastruktur maupun dibidang kesehatan. Lebih lanjut, Hendra Gunawan menjelaskan, MoU dilakukan bersama sangat membantu percepatan pembangunan di sektor kesehatan. Sebab, sektor kesehatan salah satu indikator dalam pembangunan.

“Saya menyambut baik adanya kerjasama dengan Baznas. Kita juga terbuka adanya penyisihan pendapatan yang dimiliki. Jika dikumpulkan sedikit demi sedikit maka meningkat,” kata Hendra Gunawan.

Bupati menambahkan kerjasama dilakukan dapat juga diperluas untuk program bedah rumah. Karena, masih banyak masyarakat membutuhkan. Sehingga jika berjalan tentu sangat membantu pemerintah daerah.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Musi Rawas, HM Asri mengatakan bahwa untuk penyaluran dana Baznas itu sesuai dengan ketentuan yang ada. Untuk tahap pertama kerjasama Baznas dengan Dinkes Musi Rawas menyalurkan dana sebesar Rp 35 juta, untuk pembangunan jamban dengan sasaran di 13 kelurahan.

“Kerjasama dengan Dinkes Musi Rawas ini baru terjalin. Sehingga, baru menyalurkan dana Baznas sebesar Rp 35 juta pembangunan jamban. Untuk mendukung program Pemkab Musi Rawas di sektor kesehatan. Namun, akan kembali melakukan kerjasama kedepannya,” jelas Asri.

Menurut Asri, kerjasama juga dilakukan Baznas dengan Dinas Sosial, untuk program bedah rumah sebesar Rp 15 juta per rumah. Sasaran bedah rumah sebanyak 10 rumah. Selain itu, Baznas juga mengelola dana yang masuk dari Pengawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Musi Rawas, yang masuk ke Baznas sebesar Rp 40 juta. Semuanya disalurkan dengan mekanisme yang telah ditentukan.

“Kami juga telah mengelola dana dari Community Social Responsibility (CSR) PT Pertamina. Sesuai dengan keinginan pihak perusahaan penyalurannya, dengan sasaran untuk pendidikan dan usaha bagi masyarakat miskin,” terangnya.(04)

Rekomendasi Berita