oleh

122 Desa Sepakat Ajukan TP4D

CURUP – Dari 122 desa penerima Dana Desa (DD) tahun 2019 sepakat untuk mengajukan pendampingan Tim Pengawal, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Rejang Lebong. Demikian disampaikan Kasi Administrasi Pengelolaan Keuangan, Kekayaan Desa dan Kelurahan pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Rejang Lebong, Boby Harpa Santana.

Dijelaskan Boby, pengajuan pendampingan dari 122 desa tersebut akan dilakukan sesegera mungkin.

“Dalam bulan ini mulai berproses untuk pengawalan dari kejaksaan. Dengan adanya TP4D dokumen perencanaan dari RPJMdes, LKPdes, APBdes, sampai proses pelaksanaan wajib mereka sampaikan ke kejaksaan, jadi bahasanya bukan pemeriksaan, tapi mengawal,” kata Boby.

Sehingga kata Boby, jika nanti mungkin ada yang kurang, kemudian ada yang salah, bisa dilakukan pembinaan.

Boby juga menyampaikan, pada 2018 lalu, memang belum ada desa yang melakukan pendampingan pada TP4D.

“2018 bukan tidak mengajukan, yang mengajukan banyak, tapi mengajukannya kebanyakan di pertengahan tahun ke atas,” akunya.

Sehingga tahun 2019 ini mereka (Desa) sepakat akan mengajukan ke TP4D untuk pendampingan.

“Kejaksaan merespon dengan bagus, nanti prosesnya desa menyurati pihak kecamatan nanti yang menyurati pihak kejaksaan,” tambah Boby.

Sementara itu, untuk alokasi anggaran Dana Desa (DD) tahun 2019 di Kabupaten Rejang Lebong mengalami kenaikan.

“Untuk DD tahun ini naik, tahun 2018 lalu DD yang diperoleh Rejang Lebong sebanyak sekitar Rp97 miliar saat ini bertambah menjadi sekitar Rp110 miliar,” tambah Boby.

Begitu juga untuk ADD, saat ini menjadi Rp63,798 miliar dari tahun sebelumnya sebesar Rp61,072 miliar. (sam)

Rekomendasi Berita