oleh

12 Oknum Kades Selewengkan Dana Desa

LINGGAU POS ONLINE, LUBUK KUPANG – Ada 12 oknum Kepala Desa (Kades) yang diduga menyelewengkan Dana Desa (DD). Prosesnya memang belum sampai ke pengadilan. Namun sedang didalami indikasi penyalahgunaannya.

Kabar ini diungkapkan Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel), Irjen Pol. Drs Zulkarnain Adinegara, saat dijumpai Linggau Pos di Balai Pertemuan Umum (BPU) Bagas Raya, Kelurahan Lubuk Kupang, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I, Senin (9/4).

Kapolda menyayangkan hal ini. Ia menyimpulkan, artinya belum ada tim investigasi menyangkut permasalahan DD. Bahkan, belum ada juga laporan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengenai kerugian dari DD ke pihak kepolisian.

“Jadi kami katakan masih bersifat yuridis, kembali lagi dengan pencegahan yakni dilakukan pembinaan kepada Kades agar DD tersebut benar-benar dimanfaatkan,” jelas pria berpangkat bintang dua ini.

Irjen. Pol. Drs Zulkarnain membenarkan, 12 Kades itu memang bukan bertugas di Kabupaten Musi Rawas maupun Musi Rawas Utara (Muratara). Namun 12 Kades itu bertugas di kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Selatan.

“Tugas kami, sebagai anggota kepolisian berkaitan dengan DD yakni ada tiga poksi. Pertama pencegahan, pengawasan dan penindakan,” tegasnya, kemarin.

Untuk Musi Rawas dan Muratara, untuk sementara menurut Irjen. Pol. Drs. Zulkarnain bisa dikatakan Kades sudah menyalurkan DD dengan sebaik-baiknya.

Terlebih ada Bhabinkambtibmas untuk mendampingi pengawasan DD. Selain itu Bhabinkamtibmas juga diberikan buku panduan bagaimana pengawasan DD. Inipun secara berkala dilaporkan.(03)

Rekomendasi Berita