oleh

12.646 KTP-El Musnahkan

MUSI RAWAS – Sebanyak 12.646 keping Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) dimusnahkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Musi Rawas (Mura) di halaman kantornya Komplek Agropolitan Center Desa Muara Beliti Baru Kecamatan Muara Beliti, Senin (17/12).

Kepala Disdukcapil Mura, Y Mori menjelaskan pemusnahan KTP-El itu dilakukan karena rusak yang dikumpulkan dari 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Mura sejak tahun 2011-2013 lalu.

“Pemusnahan dilakukan agar tidak dapat digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab,” katanya.

Selain itu, pemusnahan KTP-El itu sesuai dengan surat edaran Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (RI) Nomor 470.13/11176/SJ tentang Penatausahaan KTP-El Rusak (Invalid).

“KTP-El yang dimusnahkan ini hasil cetak massal, saat dibagikan ke masyarakat masih banyak kesalahan. Baik identitas, berubah status maupun yang lainnya,” jelasnya.

Menurutnya, yang paling utama tujuan dalam pemusnahan ini agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, karena saat ini masa pemilihan Pileg dan Pilpres.

“Ke depan kita akan secara rutin memusnahkan KTP-El rusak ini yang dikumpulkan setiap Kecamatan, sesuai instruksi Mendagri,” imbau pria tinggi ini. (dlt)

Rekomendasi Berita