oleh

111 Pelajar SMANLI Ikuti Ekstrakulikuler Pramuka

Ekstrakurikuler Pramuka SMA Negeri 5 (SMANLI) Lubuklinggau, sudah terbentuk sejak lima tahun lalu.

Ekstrakurikuler Pramuka ini binaan Bapak Bayu Ari Widodo dan Ibu Yessi Novita Sari, yang memiliki sekitar 111 orang anggota yang terdiri dari 53 siswa kelas 10, 35 siswa kelas 11 dan sisanya kelas 12.

“Alhamdulillah, kami kepengurusan periode 2017/2018, dengan anggota kurang lebih 111 anggota,” ungkap Pradana Putra salah satu anggota Pramuka SMA Negeri 5 Lubuklinggau.

Bagaimana sistem latihan rutin kalian?

“Kami latihan setiap Sabtu. Untuk kelas 10 latihannya jam setengah tiga, dan untuk kelas 11 latihannya jam satu. Sistemnya di sini kami pemanasan sekitar lima menit, setelah itu masuk ruangan materi dan baru kelapangan praktik, dan yang terakhir Yel-yel. Pas latihan anggota cewek dan cowok pertama-tama di pisah, setelah itu kita coba gabung,” ungkap salah satu siswa anggota ekstrakurikuler Pramuka SMA Negeri 5 Lubuklinggau, Ahmad Tidar.

Mereka juga dua minggu sekali, ada pemberian game ketika latihan. Materi yang diberikan pun tidak jauh-jauh dari dunia Pramuka.

“Materi yang ngisi biasanya pembina dan senior, dan materi yang biasa diberikan itu mulai dari sejarah, sandi, kode kehormatan, dan lainnya,” tambah Pradana Putra.

Ketika di lapangan pun, mereka tidak jauh-jauh menerapkan apa yang dijelaskan sebelumnya pada sesi pematerian.

“Kita praktik bermacam-macam juga dari sandi, baris-berbaris, tata upacara, pionering atau membuat menara kaki tiga, dan juga yang lainnya,”sambungnya.

Apakah ada agenda khusus di ekstrakulikuler ini?

“Agenda rutin kita, setiap hari libur khusus seperti ada sangkut pautnya pahlawan kita pergi ke makam pahlawan untuk bersih-bersih makam. Agenda rutin satu bulan sekali, kami adakan bersih-bersih lingkungan sekolah, Yasinan mengumpulkan sembako yang akan diberikan bagi yang berhak menerimanya,” jelas Ahmad Tidar.

Ada nama khusus buat ekstrakulikuler Pramuka ini?

“Kita ambil nama Golok Team atau disebut juga Pramuka GT. Golok. Nama ini ada asal-usulnya juga, dan juga kepanjangannya yaitu Golongan Orang Liar Optimis dan Kreatif,” lanjutnya.

Wahh, keren yah guiys… nama team nya. Nggak kalah keren dengan nama teamnya, prestasi yang pernah diraih Team Golok ini juga keren loh guys.

Juara Umum pada kegiatan Pesta Hitam Putih Zebra (TATAPURA) ke-1 tahun 2017 tingkat kota di SMAN 2 Model Lubuklinggau, Juara Umum kegiatan Lomba Giat Pramuka tahun 2017 pangkalan SMP N 2 Model Lubuklinggau tingkat Rejang Lebong, Lubuklinggau, Musi Rawas, dan Muratara. Juara 3 LTBB, pionering transportasi udara juara 3 dan adventure game juara 3 pada acara LTCP ke-4 di SMK 3 Lubuklinggau tahun 2017, dan juga prestasi lainnya seperti LKBB, semaphore dance, menara kaki, yel-yel dan lainnya.

Dengan segudang prestasi yang diraih, respon sekolah sangat mendukung dengan ekstrakulikuler ini. tiga orang perwakilan mereka juga ikut bergabung dalam event Raimunas tahun 2017 lalu.

“Pramuka itu wadah di mana anak menempa watak dan kepribadian yang ada di dalam dirinya sebelum ia menghadapi dunia nyata dalam kehidupan yang sebenarnya. Gerakan pramuka ini harus terus ditumbuh kembangkan di kalangan anak dan kaum muda. Pendidikan pramuka ini juga berperan sebagai komplemen dan suplemen terhadap pendidikan formal,” tutupnya. (S3)

Komentar

Rekomendasi Berita