oleh

11 Bulan Telah Membantu Penanggulangan Bencana Alam

Mengenal Jamaludin Anggota Tagana Lubuklinggau

Taruna Siaga Bencana (Tagana) mempunyai hal yang terpenting di setiap daerah. Sebab dengan adanya Tagana bisa membantu masyarakat dalam mengatasi bencana daerah. Itulah yang dilakukan oleh Jamaluddin (33).

Laporan Joko Pratama, Sukajadi

Jamaludin mengatakan bahwa dirinya saat ini bekerja sebagai anggota Tagana diberi kepercayaan sebagai koordinator. Dirinya mengaku hampir 9 tahun 4 bulan jadi petugas Tagana.

“Hampir sekitar 9 tahun 4 bulan jadi anggota Tagana sebagi koordinator. Tapi walaupun hampir 9 tahun aku merasa senang mengabdi sebagai anggota Tagana,” kata Jamaludin, Senin (27/11).

Jamal sapaannya menjelaskan, anggota Tagana di Lubuklinggau berjumlah 50 orang yang terdiri dari 36 laki-laki dan 14 wanita. Dari 50 orang dibagi menjadi 4 bidang diantaranya, bidang perencanaan, bidang operasional, bidang Sumber Daya Manusia (SDM), dan bidang pengendalian.

“Jadi dari setiap bidang itu dibagi dalam 50 orang,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, selama 11 bulan ini sudah menanggulangi bencana alam diantaranya lima kebakaran, tiga bencana angin puting beliung, dan dua banjir bandang di sekitar daerah Lubuklinggau.

“Namun walaupun demikian, tetap menjalankan karena memang sudah menjadi tugas dan kewajiban,” ucap Jamal.

Jamal menambahkan, selain menjalankan tugas menanggulangi ataupun pencegahan bencana, kami juga dituntut untuk melakukan pencatatan tentang jumlah kerusakan, jumlah korban baik yang sakit hingga meninggal dunia dalam bencana alam.

Serta membantu Pemerintah Daerah (Pemda) melakukan kajian dampak bencana, menyosialisasikan bencana di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi.

“Mulai dari tugas, fungsi hingga perlengkapan yang digunakan seperti perahu, tenda, dapur umum lapangan (Dunlap) dan lain-lain,” tutupnya. (*)

Komentar

Rekomendasi Berita