oleh

11.701 Warga Terserang Flu

LINGGAU POS ONLINE, RUPIT – Influenza menjadi penyakit yang mendominasi diidap masyarakat Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara). Jumlah penderita penyakit yang disebabkan infeksi virus tersebut mencapai 11.701 orang.

Hal ini diungkapkan Kadinkes Muratara, dr Marhendra melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Fatahul Rachman, Senin (20/11).

Ia menerangkan, virus flu dapat menular melalui butiran liur yang dikeluarkan oleh penderita ketika bersin atau batuk. Selain itu, benda-benda yang sudah terkontaminasi virus flu juga bisa menjadi media penularan. Langkah utama untuk mencegah penyakit ini adalah dengan menjaga kebersihan. Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum makan. Bagi pengguna kendaraan umum, disarankan untuk memakai masker saat bepergian.

Fatahul Rachman mengatakan, penyebab tingginya Influenza karena musim yang tidak sesuai dan dapat mengubah daya tahan tubuh tidak seimbang.

“Apalagi sekarang musim pancaroba menjadi salah satu penyebab serta adanya pengulangan kasus , misal minggu ini berobat batuk pilek bisa jadi dua minggu lagi berobat dengan sakit yang sama,” katanya.

Lebih lanjut, Fatahul sapaan akrabnya menghimbau agar masyarakat tetap menjaga kesehatan, dan lebih membersihkan lingkungan rumah.

“Memang terlihat dari sekarang cuaca sedang tidak mendukung, jadi kita lebih berhati-hati agar tidak terserang penyakit berbahaya, harus lebih ekstra merawat lingkungan sekitar,” jelasnya.

Selain flu, penyakit kedua yang sering diidap masyarakat Muratara dalah hypertensi. Pasien penyakit ini mencapai 4.707 orang. Disusul Diare dengan 4.597 pasien, Diabetes Melitus 420 orang, Malaria Klinis sebanyak 227 orang, TBC paru BTA (+) 110 orang, Typus Perut Klinis sebanyak 115 orang, dan Diare Berdarah sebanyak 94 orang. (19)

Komentar

Rekomendasi Berita